Selamat, Palopo Raih Penghargaan Nasional Kota Terbaik Bulan Inklusi Keuangan 2020

PALOPO, Linisiar.id – Kota Palopo meraih award atau penghargaan tingkat nasional kategori kabupaten/kota terbaik dalam implementasi program SimPel (simpanan pelajaran)/SimPel iB dalam penutupan Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2020.

Walikota Palopo Drs HM Judas Amir, MH didampingi Sekretaris Daerah Palopo, Asisten II, kepala Bank Sulselbar Palopo, dan perwakilan Bank BRI Kota Palopo, menerima penghargaan dari panitia Bulan Inklusi Keuangan tingkat nasional secara virtual di ruang rapat pimpinan Lt 3 kantor Walikota, Kamis (5/11/2020).

Kepala Departemen Literasi dan Inklusi Keuangan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Kristrianti Puji Rahayu menyampaikan, Bulan Inklusi Keuangan dilaksanakan setiap tahun.

Kegiatan ini dimulai sejak 2012, merupakan salah satu eksekusi strategi untuk meningkatkan akses keuangan di seluruh Indonesia.

Menurutnya, Bulan Inklusi Keuangan tahun 2020 ini terasa istimewa, karena dilaksanakan di saat situasi pandemi Covid-19 yang tentunya mempengaruhi semua aspek kehidupan.

Baik dari sisi perubahan bisnis profesi, kebiasaan hidup, dan tentunya dari sisi ekonomi baik dalam tataran nasional maupun global.

Momentum pandemi Covid-19 semakin menguatkan komitmen dan tekad OJK bersama kementerian/lembaga, lembaga jasa keuangan dan e-commerce untuk tetap dan terus melakukan inovasi untuk mendorong akselerasi pemanfaatan berbagai produk layanan keuangan oleh seluruh masyarakat, sesuai kebutuhannya.

Kota Palopo mendapat award, karena keberhasilan program simpanan pelajar yang merupakan hasil kerja sama berbagai pihak.

Antara lain tim percepatan akses keuangan daerah Kota Palopo, jajaran Dinas Pendidikan Kota Palopo, jajaran Kementerian Agama Kota Palopo, jajaran Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Sulsel wilayah Kota Palopo, dan  pihak perbankan yang sangat mendukung program kegiatan simpanan pelajar ini.

Menurut walikota, dari data jumlah siswa mulai dari SD SMP, SMA dan sederajat 39.776 orang, yang telah memiliki rekening sebanyak 6.139 siswa. (*)