Raih 296 Medali, Kontingen Indonesia Juara Umum AUG ke-21 Tahun 2024

Kontingen Indonesia pada ASEAN University Games (AUG) ke-21.
Bagikan

MALANG, LINISIAR.ID — Perhelatan ASEAN University Games (AUG) ke-21 yang diselenggarakan pada 25 Juni s.d. 6 Juli 2024 di Surabaya dan Malang, Jawa Timur resmi ditutup.

Kontingen Indonesia sukses menjadi Juara Umum dengan perolehan 296 medali terdiri atas 126 medali emas, 99 medali perak, dan 71 medali perunggu.

Sementara itu, posisi kedua ditempati oleh Thailand dengan perolehan 131 medali (53 medali emas, 50 medali perak, 28 medali perunggu).

Malaysia menduduki peringkat ketiga dengan perolehan 104 medali (38 medali emas, 47 medali perak, 63 medali perunggu).

Sekretaris Jenderal, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Suharti, memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas torehan prestasi yang telah diraih oleh atlet mahasiswa Indonesia di ajang AUG ke-21 Tahun 2024.

Suharti mengatakan, Indonesia telah mencetak sejarah baru dengan meraih emas terbanyak sepanjang sejarah penyelenggaraan AUG dan menjadi Juara Umum.

“Ini adalah pencapaian yang luar biasa dan menjadi bukti nyata dari dedikasi, kerja keras, dan semangat juang para atlet mahasiswa Indonesia,” ujarnya dalam Upacara Penutupan AUG ke-21 Tahun 2024 di Graha Cakrawala, Universitas Negeri Malang (UM), Sabtu (6/7).

Suharti juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh delegasi AUG ke-21 Tahun 2024 yang telah berpartisipasi dalam kompetisi.

“Anda semua adalah bintang harapan bangsa yang sudah menunjukkan dedikasi, semangat juang, dan kerja keras yang luar biasa. Setiap tetes keringat, setiap langkah maju yang Anda ambil adalah bukti nyata bahwa Anda adalah para pahlawan olahraga masa kini,” tuturnya.

Dalam sambutannya, Suharti berpesan kepada para atlet delegasi bahwa perjalanan para atlet dalam meraih prestasi dan kejayaan belum berakhir. “Ingatlah bahwa kemenangan sejati bukan hanya tentang medali yang Anda raih, tetapi tentang seberapa besar Anda telah berusaha dan seberapa gigih Anda bertarung,” pesan Suharti.

Lebih lanjut, Suharti mengingatkan agar para atlet tetap bersemangat dan terus berjuang, serta menjadikan setiap tantangan sebagai peluang untuk tumbuh dan berkembang.

“Jangan pernah menyerah dalam menghadapi rintangan, karena setiap kesulitan yang Anda hadapi adalah batu pijakan menuju puncak keberhasilan yang lebih tinggi,” ujarnya. (*)