Minggu, Mei 16, 2021

PSM Makassar Taklukkan PSIS Lewat Drama Adu Pinalti

Populer

MALANG, Linisiar.id – PSM Makassar berhasil mengalahkan PSIS Semarang pada perempat final Piala Menpora 2021, lewat drama adu pinalti. Laga yang mempertemukan dua tim yang mengandalkan para pemain lokal ini digelar di Stadion Kanjuruhan, Malang, pada Jumat (9/4/2021).

Duel antara PSIS Semarang vs PSM Makassar ditentukan lewat adu pinalti, setelah dua kali 45 menit jalannya pertandingan diwaktu normal berakhir dengan skor 0-0.

Pada babak adu penalti, dua dari empat pemain PSIS Semarang yang ditunjuk sebagai algojo gagal menjalankan tugasnya. Sementara, empat pemain PSM Makassar sukses mengekusi penalti dan menutup drama dengan skor 4-2. Berkat hasil ini, PSM Makassar berhak melaju ke semifinal Piala Menpora 2021, sedangkan PSIS Semarang harus terhenti di perempat final.

Dalam laga PSIS vs PSM Makassar Kedua tim yang mengandalkan sejumlah pemain muda itu cukup agresif sejak awal babak pertama. Bahkan, beberapa peluang di menit awal mampu diciptakan oleh para punggawa PSIS Semarang di menit ketujuh. Berawal dari umpan silang Fandi Eko Utomo yang mampu dihalau bek PSM Makassar, Eka Febri Yogi menerima bola liar di depan kotak penalti. Eka Febri kemudian langsung melancarkan sepakan mendatar yang mengarah ke sisi kiri gawang kiper PSM, Hilman Syah. Hilman Syah tampil cukup tenang dan mampu mengantisipasi arah bola hasil sepakan Eka Febri.

PSIS kembali menciptakan peluang lewat eksekusi tendangan bebas, tapi berhasil ditepis oleh Hilman Syah. Bola muntah hasil tepisan Hilman Syah kemudian jatuh di kaki Ryan Ardiansyah. Namun, sepakan kaki kanan Ryan masih bisa dihalau bek PSM dan menghasilkan sepak pojok.

Sutanto Tan melakukan selebrasi usai mencetak gol dalam adu pinalti. (Foto: Pachemindstore)

Meski begitu, PSM Makassar juga tidak beberapa kali menciptakan peluang. Beberapa peluang yang mengancam gawang PSIS tercipta dari umpan silang. Namun, empat umpan silang yang dilancarkan PSM selalu bisa diantisipasi oleh kiper PSIS, Jandia Eka Putra.

Hingga turun minum babk pertama, baik PSIS ataupun PSM tak mampu menciptakan gol.

Dibabak kedua, PSIS dan PSM saling jual beli serangan. Peluang yang Mereka saling berbalas serangan untuk membuka keunggulan. Namun, hingga menit ke-60, kedua tim tak kunjung memecah kebuntuan.

PSM Makassar lewat sundulan Saldi nyaris mengubah papan skor yang memanfaatkan umpan silang Abdul Rahman. Akan tetapi, Jandia Eka Putra yang tampil sigap mampu menepis bola dan hanya menghasilkan sepak pojok bagi PSM Makassar. Hingga babak kedua berakhir tak satupun gol yang tercipta, yang kemudian harus ditentukan lewat adu pinalti.

Pada babak adu penalti, dua dari empat pemain PSIS Semarang yang ditunjuk sebagai algojo gagal menjalankan tugasnya. Sementara, empat pemain PSM Makassar sukses mengekusi penalti dan menutup drama dengan skor 4-2. Alhasil, PSM Makassar menjadi tim pertama yang melaju ke semifinal Piala Menpora 2021.

Susunan pemain PSIS vs PSM Makassar:

PSIS Semarang (4-2-3-1):
30-Jandia Eka Putra (GK); 19-Alfeandra Dewangga, 11-Pratama Arhan, 2-Ryan Ardiansyah (27-Safrudin Tahar), 5-Wahyu Prasetyo; 44-Eka Febri Yogi (20-Riski Fajar), 16-Finky Pasamba; 95-Komarudin (77-Andreas Ado, 13-Soni Setiawan), 79-Fandi Eko Utomo, 46-Fredyan Wahyu; 22-Hari Nur Yulianto. Pelatih: Dragan Djukanovic.

PSM Makassar (4-3-3):
97-Hilman Syah (GK); 3-Zulkifli Syukur, 15-Hasyim Kipuw, 5-Erwin Gutawa, 25-Abdul Rahman; 8-Sutanto, 48-M Arfan, 17-Rasyid Bakri; 22-Yakob Sayuri, 99-Saldi (37-M Rifky), 24-M Rizky (27-Patrich Wanggai).

- Advertisement -

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

IKLAN

Berita Terbaru