Potensi Bawang Merah di Sinjai Menggiurkan, 1 Hektare Bisa Hasilkan 6,8 Ton

SINJAI, LINISIAR.ID – Potensi pertanian di Kabupaten Sinjai terus dikembangkan. Salah satunya komoditi bawang merah yang kini menjadi tanaman andalan para petani Sinjai.

Komoditas yang satu ini memang cukup menjanjikan. Tak heran banyak petani yang menggarap tanaman bulanan ini sebagai sumber pendapatan yang menguntungkan.

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Sinjai, Hj Sitti Marwatiah, mengatakan produksi bawang merah di Sinjai terbilang cukup menjanjikan dimana setiap hektare lahan garapan bisa menghasilkan hingga 6,8 ton.

Di tahun 2020 ini Pemerintah Kabupaten Sinjai mendapatkan bantuan dari APBN Pusat dengan bbit bawang merah untuk luas lahan 20 hektare untuk kelompok tani di Kecamatan Sinjai Utara, Sinjai Borong, dan Sinjai Barat.

“Bantuan bibit ini sudah ditanam sejak bulan Agustus lalu dan kita targetkan bulan November uni semuanya sudah panen, ” kata Marwatiah, Selasa (10/11/2020).

Dari hasil panen yang dilakukan di Kecamatan Sinjai Borong pada Senin (9/1/0/2020), disebutkan Marwatiah, produksi yang dihasilkan cukup memuaskan dimana hasil panen yang diproleh berbanding 1 : 10.

“Alhamdulillah hasilnya kemarin itu 1: 10, artinya dari bibit 680 kg per hektare yang ditanam, hasilnya setiap hektare bisa mencapai 6,8 ton atau 1 biji kita tanam, hasilnya 10 biji. Kita harap di kecamatan lain juga hasilnya seperti ini, ” tuturnya.

Adapun potensi lahan untuk bawang merah di Kabupaten Sinjai bisa mencapai 300 hektare.

Selain bantuan dari Pemerintah, banyak petani di Sinjai yang mendapatkan bibit bawang merah secara swadaya.

Meski pandemi Covid-19, Harga bawang merah di pasaran tetap stabil sehingga kegiatan ini dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat dan sebagai penopang ekonomi bagi para petani.

Mantan Kadis DP3AP2KB Sinjai berharap bantuan bibit bawang merah di Sinjai untuk tahun depan bisa semakin meningkat.

“Kita sudah ajukan permohonan untuk tahun depan. Dari perencanaan sementara, Sinjai bisa mendapatkan 25 hektare dan semoga ini bisa bertambah,” tambahnya.

Pemberian bibit bawang merah yang berkualitas dan gratis ini merupakan salah satu komitmen Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA), yang dijabarkan dalam visi dan misi Pemkab Sinjai di bidang pertanian.(*)