Senin, Maret 1, 2021

Peternak Lele di Luwu Harap Harga Jual dan Pengelolaan BBI Ditingkatkan

Populer

LUWU, Linisiar.id – Seorang Pengelola budidaya atau peternakan ikan lele Sukma berharap fasilitas Balai Benih Ikan (BBI) di daerah kabupaten Luwu itu dikelola dengan baik agar tak ada lagi yang membeli benih ikan dari luar daerah. Pun kata dia, harga jual ikan lele perlu dinaikkan.

“Saya berharap pemerintah bisa menaikkan harga ikan lele dari 14-15 ribu perkilogram, mungkin bisa dinaikkan 18-20 ribu perkilogram sehingga jerih upayanya kami itu dengan harga pakan dapat seimbang. Kemudian saya berharap agar pengelolaan fasilitas Balai Benih Ikan (BBI) di daerah Bajo lebih ditingkatkan khususnya ikan lele ini karena terkadang kami membeli benih di luar daerah,” ucapnya, Sabtu (23/1/2021).

Selain itu, dia menuturkan, penghasilannya sebelum pandemi dan sesudah pandemi sangat berbeda.

“Di masa pandemi ini kita kewalahan dengan adanya penjemputan, apalagi ketika kita ingin panen. Karena adanya pemeriksaan untuk keluar daerah, sehingga perputaran ekonomi kita itu terhambat. Itulah dampaknya yaitu adanya keterbatasan lalu lintas keluar kabupaten. Sebelum pandemi keuntungan itu bisa mencapai 75%, namun setelah pandemi, kami hanya bisa mendapatkan keuntungan sekitar 40% saja.” Kata dia.

Usaha budidaya ikan lele tersebut tak pernah tutup karena usaha tersebut termasuk kebutuhan sehari-hari masyarakat setempat. Namun, budidaya yang berada di desa Botta Kecamatan Suli Kabupaten Luwu itu mendapatkan dampak yang sangat besar dengan adanya virus corona.

Budidaya ikan lele dibuka lebih satu tahun yang lalu tepatnya di bulan September 2019. Budidaya ikan lele ini dipasarkan di masyarakat serta keluarga daerah khususnya di Bone-Bone Kabupaten Luwu Utara. (Fate)

- Advertisement -

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

IKLAN

Berita Terbaru