Pendapatan Melaut Tak Menentu, Nelayan Lae-Lae Harap Appi-Rahman Hadirkan UMKM Binaan, Appi: Itu Program Kami

MAKASSAR, Linisiar.id – Warga Pulau Lae-Lae, Kelurahan Lae-Lae, Kecamatan Ujung Pandang, secara tegas berharap adanya Wali Kota baru yang akan memimpin kota Makassar untuk lima tahun ke depan.

Tokoh masyarakat setempat, Umar Daeng Situju, mewakili warga Pulau Lae-Lae pun menjatuhkan pilihannya pada Pilwali Makassar 2020 kepada pasangan Munafri Arifuddin-Abd Rahman Bando (Appi-Rahman).

Pilihannya itu dipertegas saat Umar bersama warga lainnya dengan secara sukarela mengundang Appi kampanye dialogis di Pulau Lae-Lae, Senin (16/11/2020).

“Tahun kemarin kami di Pak Danny, sekarang kami pilih Appi-Rahman. Alasannya kita butuh perubahan dan kedua secara pribadi bukan kami tidak menganggap bagus (Danny), cuman persoalannya selama beliau menjabat wali kota satu periode belum pernah injakan kakinya ke Pulau Lae-Lae,” ungkap Umar.

Tak hanya itu Umar juga menerangkan jika wali kota sebelumnya juga tidak menuntaskan sejumlah program dan janji-janjinya.

Appi-Rahman pun menjadi pilihan warga Pulau Lae-Lae, dengan harapan Paslon nomor urut 2 ini bisa lebih mendengar dan mengerti keinginan warga Pulau.

“Kami di sini mayoritas nelayan, hidupnya di lautan, tapi ada musimnya itu kita tidak melaut. Jadi yang kami butuhkan bukan hanya soal bantuan, tapi pelatihan-pelatihan dibutuhkan juga supaya warga di sini tak cuma mengandalkan ke laut saja,” harapnya.

Harapan warga ini ditanggapi Appi dengan menyebut bahwa dirinya bersama Rahman Bando sudah menyiapkan program peningkatan kesejahteraan termasuk untuk warga Pulau.

Program yang dimaksud mulai dari menghadirkan UMKM binaan per-RW yang akan mendapatkan bantuan modal, pelatihan, hingga kontrol produk dan pemasaran.

“Selain itu akan ada yang namanya pelatihan tuntas. Jadi kita akan membekali warga yang berhak, semisal pelatihan menjahit untuk ibu-ibu dan sebagainya. Pelatihan ini tak sekedar mendapat sertifikat semata tetapi segala keperluan alat atau perkakas untuk memulai usahanya juga akan diberikan,” terang Appi.

Terlebih lagi menurutnya untuk warga di Pulau, ada banyak upaya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat.

“Tentu tangkapan laut kita itu sangat potensial. Bisa nanti dibentuk UMKM yang misalnya fokus pada pengolahan krupuk ikan atau udang supaya ada pendapatan tambahan,” tutupnya.

Kehadiran Appi di Pulau Lae-Lae ini turut didampingi oleh Legislator Makassar dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Fasruddin Rusli.

“Kedatangan Pak Appi di sini sudah lama dinanti-nanti warga, sehingga saya pribadi apalagi ini Dapil saya waktu Pemilihan legislatif lalu menghadirkan langsung Pak Appi,” ucapnya.

Pulau Lae-Lae sendiri memiliki luas sekitar 0,22 KmĀ² dan terdiri dari 10 RT dan 3 RW.

Jumlah penduduk Kelurahan Lae-lae pada tahun 2019 tercatat 1.784 jiwa yang terdiri atas 895 jiwa laki-laki dan 889 jiwa perempuan.(*)