Penampakan Gerhana Matahari Cincin di Singkawang

Instagram @infoBMKG

Linisiar.id – Fenomena astronomi gerhana matahari cincin (GMC) tengah terjadi di sebagian wilayah Indonesia, Kamis (26/12/2019). Peristiwa terhalangnya hampir semua bagian tengah Matahari oleh Bulan ini tampak sempurna di Singkawang, Kalimantan Barat.

Informasi yang dihimpun dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG), terlihat Matahari tertutup oleh Bulan yang ukurannya lebih kecil secara sempurna.

Pada potret yang dipublikasikan BMKG, terlihat bundaran hitam dikelilingi dengan cahaya keemasan karena bulatan Matahari tertutupi oleh Bulan, dan hanya menyisakan garis lingkaran tipis menyerupai cincin di sekeliling Matahari.

Tercatat, sempurnanya penampakan GMC di Singkawang, Kalimantan Barat ini terjadi pukul 12.43 WIB. Selain di Singkawang, BMKG sebelumnya juga mengunggah penampakan puncak gerhana matahari cincin dari Nias, Sumatera Utara.

Penampakan Puncak Gerhana Matahari Cincin dari Nias Utara(BMKG) Gerhana matahari cincin merupakan fenomena alam yang langka. Tak heran, jika masyarakat begitu antusias menyaksikannya.

Gerhana matahari cincin pada hari ini melintasi 25 kota/kabupaten di 7 provinsi, yaitu:
Aceh: Sinabang dan Singkil
Sumatera Utara: Sibolga, Pandan, Tarutung, Padang Sidempuan, Sipirok, Gunung Tua, dan Sibuhuan
Riau: Pasir Pengaraian, Dumai, Bengkalis, Siak Sri Indrapura, Selat Panjang
Kepulauan Riau: Tanjung Pinang, Tanjung Balai Karimun, Batam, dan Bandar Seri Bentan Kalimantan Barat: Mempawah, Singkawang, Sambas, Bengkayang, Putussibau
Kalimantan Timur: Tanjungredep
Kalimantan Utara: Tanjungselor

Data dari BMKG, durasi terlama GMC terjadi di Selat Panjang, Riau dengan durasi 3 menit 38,9 detik. Sementara itu, berdasarkan data yang ditampilkan di laman gerhanaindonesia.id, diketahui bahwa durasi terlama GMC terjadi di Siak dengan durasi 3 menit 40 detik. Durasi tercepat terjadi di Mempawah, Kalimantan Barat dengan durasi 1 menit 30,3 detik.

Gerhana ke-5 pada 2019 Sepanjang 2019, tercatat telah terjadi lima kali gerhana, termasuk gerhana matahari cincin yang terjadi pada hari ini, 26 Desember 2019. Berikut daftar gerhana yang terjadi pada 2019:

1. Gerhana matahari sebagian (GMS) pada 5-6 Januari 2019, yang tidak dapat diamati dari Indonesia
2. Gerhana bulan total (GBT) pada 21 Januari 2019, yang tidak dapat diamati dari Indonesia 3. Gerhana matahari total (GMT) pada 2 Juli 2019 yang tidak dapat diamati dari Indonesia
4. Gerhana bulan sebagian (GBS) pada 17 Juli 2019, yang dapat diamati dari Indonesia
5. Gerhana matahari cincin (GMC) pada 26 Desember 2019, yang dapat diamati dari Indonesia.