Pemprov Sulsel Bentuk Satgas Pengurus Makanan Anak Yatim

Makassar, Linisiar.id – Pemerintah Sulawesi Selatan akan membentuk satuan tugas (Satgas) khusus, yang akan mengurusi penyaluran makanan lebih bagi anak yatim dan fakir miskin.

Satgas tersebut bertugas mengumpulkan kelebihan makanan pada acara-acara pemerintah, baik yang dilaksanakan di kantor ataupun di hotel. Makanan kemudian dikemas dan didistribusikan ke sejumlah panti asuhan.

Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman menunjuk Biro Kesejahteraan Rakyat sebagai pihak pelaksana. Instruksi itu dikeluarkannya saat menggelar kegiatan sarapan bersama 200 anak yatim dari berbagai panti asuhan, di Rumah Jabatan Wakil Gubernur, Jalan Yusuf Daeng Ngawing Makassar, Sabtu (15/9/2018).

“Nanti diantarnya menggunakan ojek online atau ada kendaraan khusus untuk itu.¬†Saya tidak mau dengar, sisa makanan dibawa pulang oleh pegawai, tapi didistribusikan ke yang lebih membutuhkan, baik itu anak yatim atau fakir miskin,” katanya.

Ia menegaskan, makanan yang akan diberikan bukan makanan basi, namun kelebihan dari jumlah persediaan. Dicontohkannya, kerap kegiatan pemerintahan memesan makanan untuk 300 orang namun yang hadir hanya 200, sehingga banyak makanan yang terbuang jika tak dimanfaatkan.

“Kita biasakan berbagi. Itukan makanan sudah dibayar. Kalau pegawai kan sudah ada makanannya masing-masing di rumah, jadi tidak usah dibawa pulang,” tuturnya.

Sudirman juga berpesan, agar pihak penerima makanan yang didistribusikan tersebut tidak ragu. Sebab satgas akan memilih makanan yang baik dan dikemas dengan bahan steril.