Pemkot Palopo Peringati Hari Pahlawan dan Resmikan Ruang Pertemuan Ratona

PALOPO, Linisiar.id – Pemerintah Kota Palopo memeringati Hari Pahlawan yang Ke-75 Tingkat Kota Palopo sekaligus peresmian Ruang Pertemuan Ratona di Ruang Pola Kantor Walikota Palopo pada Selasa, 10 November 2020.

Walikota Palopo Drs. H.M. Judas Amir, MH yang membacakan sambutan seragam Menteri Sosial RI Juliari P Batubara menyampaikan, pada hari ini (10 November 2020) seluruh pelosok tanah air dan perwakilan RI di luar negeri memeringati Hari Pahlawan dengan khidmat meskipun di tengah pandemi Covid-19.

“Hari Pahlawan kiranya tidak hanya sekedar diingat, namun lebih dari itu perjuangan dan pengorbanan para pahlawan yang telah mempertaruhkan nyawanya untuk mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagaimana tema Hari Pahlawan Tahun 2020 yaitu “Pahlawanku Sepanjang Masa”, kata walikota.

“Apa yang telah dilakukan para pahlawan, kiranya dapat menginspirasi dan memotivasi kita semua untuk meneruskan perjuangan mereka. Kalau dulu berjuang dengan mengangkat senjata, maka sekarang kita berjuang melawan berbagai permasalahan bangsa,” sambungnya.

Pemerintah mengimbau seluruh rakyat Indonesia berpartisipasi memeringati Hari Pahlawan sebagai salah satu bentuk penghargaan atas jasa para pahlawan.

Sebagaimana ungkapan salah seorang The Founding Fathers Ir. Sukarno yang menyatakan, “hanya bangsa yang menghargai jasa pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar.”

Acara dilanjutkan dengan peresmian Ruang Pertemuan Ratona Kantor Walikota Palopo yang sebelumnya dinamakan Ruang Pola Kantor Walikota Palopo.

Peresmian ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Walikota Palopo yang didampingi Forkopimda Palopo.

Dalam sambutan peresmian, Walikota Palopo Drs. H. M. Judas Amir, MH menyampaikan pada hari ini kita melaksanakan dua kegiatan sekaligus yaitu memeringati Hari Pahlawan dan peresmian Ruang Pertemuan Ratona.

Walikota Palopo menceritakan secara singkat asal usul dari kata Ratona yang menceritakan kisah dari dua orang bersaudara memperebutkan kedudukan sebagai seorang raja.

“Semoga ruangan yang sama-sama kita banggakan ini dapat menyelesaikan seluruh persoalan yang nantinya akan dibicarakan bersama,” katanya.

Hadir Wakil Walikota Palopo Dr. Ir. Rahmat Masri Bandaso, M.Si, unsur Forkopimda, Ketua TP PKK Kota Palopo dr. Hj. Utia Sari Judas, M.Kes, Wakil Ketua TP PKK Kota Palopo Hj. Nurlinda Sabani, SE., MM, Asisten Setda Kota Palopo, dan Kepala Perangkat Daerah Kota Palopo.

Kepala sekolah tingkat SD/SMP, pimpinan perbankan, serta diikuti secara virtual di seluruh kecamatan. (*)