Palopo Canangkan Bersih Selokan, Walikota: Pejabat Pemkot Harus jadi Contoh

PALOPO, Linisiar.id – Dalam waktu dekat, akan ada gerakan serentak pembersihan selokan di Kota Palopo.

Hal itu mengemuka pada rapat koordinasi pemerintahan di Auditorium SaokotaE, Senin (16/11/2020), yang dipimpin Walikota Palopo Drs. HM Judas Amir, MH didampingi sekretaris daerah dan asisten.

Rapat koordinasi ini juga sebagai tindaklanjut surat menteri dalam negeri kepada seluruh gubernur, walikota, dan bupati perihal penyebarluasan informasi kebencanaan sebagai langkah antisipatif terhadap fenomena alam La Nina dan bencana alam lainnya.

Mengenai gerakan serentak permbersihan selokan, walikota memerintahkan pimpinan perangkat daerah agar memulai di lingkungan masing-masing dulu.

“Paling tidak rumah kita dan rumah pegawai pemkot dulu. Saudara lurah paling tidak RT/RW dan  dasawismanya,” kata walikota.

“Dan seluruh yang tergabung dalam pemerintahan, harus bersih selokannya. Semuanya diminta berpartisipasi untuk kebaikan bersama,” tegasnya.

Walikota menambahkan, fokus saja ke drainase. Pastikan tidak ada yang menghambat aliran air yang bisa menyebakan luapan ketika hujan datang.  

“Palopo tidak akan bisa baik jika hanya satu tangan, kita semua harus bersama,”  lanjut walikota.

Menurut walikota masih ada pertemuan berikutnya untuk membahas hal-hal yang lebih teknis.

Sekda menambahkan, sesuai arahan walikota, maka seluruh pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) segera memerintahkan kepada pegawai/staf di instansinya untuk memulai gerakan bersih selokan atau drainase ini di rumah masing-masing.

Menurutnya, seluruh pejabat atau pegawai lingkup Pemkot Palopo harus menjadi pelopor di lingkungannya masing-masing.    

Rakor ini iikuti pimpinan perangkat daerah, camat dan lurah se-Kota Palopo. (*)