Komunitas Motor Makassar Salurkan Bantuan Untuk Koban Banjir Bandang di Jeneponto

JENEPONTO, Linisiar.id – Di tengah penyebaran COVID-19 yang masih tinggi di Sulawesi Selatan, komunitas motor di wilayah ini tetap solid dan ringan tangan memberikan bantuan kemanusiaan.

Hari Minggu lalu, komunitas motor di Makassar, Janeponto, Takalar dan Gowa bersatu memberikan bantuan kepada para korban banjir bandang dan tanah longsor di Janeponto.

“Awalnya kami melihat pemberitaan mengenai bencana di daerah Jeneponto. Ternyata banyak keluarga dari teman-teman Bold Riders yang menjadi korban banjir bandang dan tanah longsor tersebut. Kemudian setelah teman-teman Bold Riders Jeneponto mengawalinya dengan memberikan bantuan dan membuat posko, kami dari Bold Riders Makassar, Gowa, dan Takalar ikut bergerak,” ujar Diely Sneger yang berasal dari BMC Makassar, salah satu komunitas binaan Bold Riders Makassar, di Kecamatan Rumbia, Janeponto, Minggu (20/6).

Banjir bandang dan tanah longsor yang melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan pada 12 Juni 2020 lalu memberikan dampak luas bagi warga.

Sejumlah rumah warga mengalami kerusakan parah. Selain itu, jalan alternatif yang menjadi penghubung Kabupaten Jeneponto, Gowa, dan Bantaeng tidak bisa dilalui.

Bantuan yang diberikan para anggota komunitas motor tersebut berupa sembako yang terdiri dari beras, gula, minyak goreng, mie instan.

Selain itu, ada juga pakaian bekas layak pakai. Bantuan diserahkan secara simbolis kepada tokoh masyarakat setempat di posko Badan Penanggulangan Bencana Daerah yang berada di Desa Rumbia.

“Kami berharap bantuan ini bisa meringankan beban warga yang menjadi korban banjir dan tanah longsor. Ini juga bukti bahwa anak motor sangat peduli dengan sesama,” kata Diely.

Pembina Bold Riders Makassar, Bernardinus Danish Sugiyanto mengatakan, kegiatan bakti sosial ini diikuti 97 peserta dari Makassar dengan 60 motor.

Selanjutnya, Bold Riders Makassar ini bergabung dengan Bold Riders Gowa, Takalar, dan Jeneponto sehingga total peserta mencapai ratusan.

Dalam kegiatannya, para komunitas motor ini tetap menjalankan protokol kesehatan dalam pencegahan virus corona.

“Teman-teman motor ini sudah semakin sadar mengenai protokol kesehatan COVID-19. Aktivitas ini dilakukan karena masyarakat yang menjadi korban perlu dibantu dalam situasi yang serba sulit ini,” kata Danish.

Bantuan yang diberikan kepada para korban bencana alam di Japenonto itu berasal dari donasi para anggota komunitas yang tergabung dalam Bold Riders Makassar.

Danish pun bangga dengan solidaritas yang terus dibangun anak-anak motor di Makassar dan sekitarnya.

“Boleh jadi banyak anggota komunitas yang hidupnya juga sulit akibat COVID-19 ini. Tapi jiwa sosial yang telah tertanam dan terbangun tidak menghalangi mereka untuk bisa saling membantu warga yang lebih susah hidupnya. Inspirasi ini yang akan terus disebarkan komunitas Bold Riders,” imbuhnya.

Jeneponto merupakan kabupaten yang berbatasan dengan Gowa, Takalar, dan Bantaeng. Kabupaten ini terletak di ujung barat wilayah provinsi Sulawesi Selatan yang berjarak sekitar 90 kilometer dari Kota Makassar. Wilayah pesisir di kabupaten ini dikenal sebagai penghasil garam, ikan, dan rumput laut. Sementara pertanian Jeneponto mampu menghasilkan padi, jagung, dan sayuran. (*)

Editor: Saddam Husain