Keluhan Warga Rappokalling, 30 Tahun Jalan Tak Diaspal, Appi-Rahman Janjikan Pembangunan Merata

MAKASSAR, Linisiar.id – Kampanye Virtual Calon Walikota dan Wakil Walikota Makassar, nomor urut 2, Munafri Arifuddin-Rahman Bando (Appi-Rahman) dipenuhi keluh kesah warga. Pasangan dengan tagline Makassar Bangkit ini menggelar kampanye virtual di Town Hall Appi-Rahman Menara Bosowa, Jumat (13/11/2020).

Mayoritas keluhan warga adalah timpangnya pelayanan pemerintah kepada warga.

Najamuddin, Tokoh Masyarakat di Jalan AR Dg Ngunjung, Kelurahan Rappokalling, Kecamatan Tallo. Ia berkeluh kesah soal jalanan di sekitar wilayahnya yang tak tersentuh pembangunan. Wajar saja Najamuddin mengeluh. Akunya, sudah 30 tahun jalan di dekat rumahnya tidak diaspal. “Bayangkan mi pak, sudah 30 tahun tidak diapa-apai ini jalan,”tuturnya dengan dialek Makassar yang khas.

Bukan cuma jalan tak beraspal yang dikeluhkan Najamuddin. Soal pembagian bantuan dari pemerintah dan pembagian beras untuk warga miskin (raskin) juga dikeluhkan. Kata dia, selalu salah sasaran. “Biasanya yang dapat malah orang yang mampu,”bebernya.

Apa solusi yang disiapkan Appi-Rahman? “Masalah jalan yang belum diaspal bahkan sampai 30 tahun ini harus mendapat respon pemerintah. Saya tidak bisa bayangkan, sudah bertahun-tahun itu berarti. Insya Allah ketika kami memimpin, itu akan mendapat perhatian serius,”kata Appi, merespon keluhan itu.

Appi menjanjikan tidak ada sejengkal pun wilayah di Kota Makassar yang kurang mendapat perhatian. Apalagi sudah ada forum musrenbang. “Harus selaras saat musrenbang dengan roda pemerintahan. Jadi misalnya persoalan jalan. Jalan ini harus dibuat dan dirawat. Jangan tunggu lubang baru diperbaiki,”lanjut Appi.

Kemudian soal pembagian raskin yang tidak tepat sasaran, Appi mengaku kesal, karena sudah sering mendapat laporan itu. Yang jadi masalah adalah sistem pendataan yang tidak beres.

“Ini akan kita atur sistem pendataannya. Harus diperbaiki. Kadang ada oknum yang memanfaatkannya untuk kepentingan politik. Kita bangun sistem baru dalam pendataan. Dalam masa pandemi ini, bantuan ini sangat berarti. Makanya harus tepat sasaran,”pungkas Appi.

Sementara itu Rahman Bando menambahkan, Appi-Rahman berkomitmen mengahadirkan layanan pemerintahan yang berkeadilan. Tak boleh ada yang dibeda-bedakan. “Banyak jalanan di pusat kota yang aspalnya masih bagus, malah diaspal lagi. Sementara di pinggiran kota, sudah banyak yang rusak. Jalan di pinggir kota hingga pusat kota harus sama! Kami nanti akan banyak turun ke masyarakat,”tegas Rahman. (*)