Sabtu, Oktober 16, 2021

Jamin Keamanan Pangan, Diskepang Enrekang Gelar Pengawasan

Populer

ENREKANG, LINISIAR.ID – untuk memberikan jaminan mutu dan keamanan pangan segar asal tumbuhan (PSAT) yang beredar maka Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Enrekang melakukan pengawasan keamanan pangan segar asal tumbuhan (PSAT).

Kegiatan dilakukan pada post market dengan tujuan untuk memastikan Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT) yang beredar bebas dari cemaran residu pestisida dan formalin.

Pengawasan Keamanan dan Mutu Pangan Segar Asal Tumbuhan yang beredar dilakukan oleh Petugas seksi keamanan pangan Dinas Ketahanan Langan Kabupaten Enrekang dan mahasiswa Universitas Hasanuddin di rumah buah dusun pinang kecamatan Cendana, pada Jumat, tanggal 6 Agustus 2021.

Untuk mengatahui aman atau tidak buah dan sayuran tersebut jika akan dikonsumsi maka dilakukan proses pengujian cemaran residu pestisida dan formalin secara langsung di rumah buah.

Abdul Malik, Kasi Keamanan Pangan, mengatakan dengan menggunakan alat rapid test (uji cepat) residu dan pestisida karena beberapa buah-buahan dan sayuran yang dijual ditoko ini didatangkan dari luar daerah,

Adapun sampling jenis sayuran dan buah yang diuji yaitu paprika, selada dan anggur. Semua sampel yang diuji menunjukkan hasil negatif atau aman untuk dikonsumsi.

Pengawasan dan pengujian keamanan pangan segar secara rutin dilakukan oleh Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Enrekang sebagai bagian dari satgas pangan kabupaten Enrekang.(*)

- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

IKLANspot_img

Berita Terbaru