Inovasi Program Kesehatan Sinjai Dipuji Pemkab Tanah Laut Kalsel

kunjungan kerja (Kunker) Pemkab Tanah Laut ke Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sinjai, Kamis siang (19/11/2020)

SINJAI, LINISIAR.ID – Program pelayanan publik di bidang kesehatan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai mendapat apresiasi dari Pemkab Pemkab Tanah Laut, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Program itu adalah inovasi pelayanan kesehatan Dinas Kesehatan (Dinkes) Sinjai melalui program unggulan Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) dan Wakil Bupati Sinjai Hj Andi Kartini Ottong, Home Care dan Home Visit.

Selain inovasi tersebut, Pemkab Tanah Laut juga mengapresiasi bahkan melirik mekanisme pelayanan Public Safety Center (PSC) 119 sebagai implementasi visi misi Pemkab Sinjai dalam program Home Care dan Home Visit.

Hal ini dibuktikan dengan kunjungan kerja (Kunker) Pemkab Tanah Laut ke Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sinjai, Kamis siang (19/11/2020).

Kunker ini tidak lain untuk melihat dan menambah wawasan dalam pelayanan kepada masyarakat Sinjai yang telah diterapkan selama kurun waktu 2 tahun lamanya.

“Jadi memang kami kesini untuk menambah wawasan kami di Pemkab Tanah Laut, termasuk kegiatan PSC 119 karena kami tahu ada inovasi (Home Care dan Home Visit Red) di Sinjai yang sangat luar biasa dalam pelayanan kesehatan”, tandas, Sekretaris Dinkes Tanah Laut, Arliani.

Apalagi kata Arliani, kegiatan PSC 119 yang disinergikan dengan program Home Care dan Home Visit Pemkab Sinjai telah terdaftar ke tingkat Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

“Kita memang sudah melihat dari beberapa kabupaten dan Sinjai memang sudah ada jejaringnya sampai ke tingkat Puskesmas. Apalagi PSCnya sudah terdaftar di Pusat”, tambahnya.

Menurut Arliani, semua inovasi pelayanan kesehatan yang ada di Sinjai bakal dilaporkan ke Bupati Tanah Laut, khususnya Pelayanan Home Care dan Home Visit yang kelihatan langsung ke masyarakat.

“Mudah-mudahan kami bisa menjalankan hal yang sama karena kami sudah semangat sekali ini dan kami akan laporkan ke Pak Bupati bagaimana pelayanan ini bisa kita terapkan juga di daerah kami”, jelasnya.

Sementara itu, Plt Kadinkes Sinjai, drg Farina Irfani yang menerima rombongan Pemkab Tanah Laut mengemukakan bahwa program unggulan ini merupakan visi misi Pemkab Sinjai dibawah kepemimpinan Bupati ASA dan Wabup Sinjai Hj Andi Kartini Ottong.

Program ini dijalankan sesuai peraturan Bupati (Perbup) Nomor 39 tahun 2019 tentang program kunjungan dan pelayanan kesehatan dirumah, sebagai implementasi visi misi dalam peningkatan kualitas pelayanan kesehatan di Sinjai.

“Hari ini kita jelaskan program unggulan pak Bupati baik dari mekanismenya dilapangan, teknisnya, SDMnya sampai terakhir evaluasinya”, katanya.

Program lainnya yang dipaparkan pihak Dinkes Sinjai juga menyinggung program rumah singgah Pemkab Sinjai di Kota Makassar bagi masyarakat Sinjai kurang mampu yang sedang menjalani perawatan di rumah sakit kota Makassar.

Dalam Kunker tersebut, Pemkab Tanah Laut juga berkesempatan mengunjungi Puskesmas Balangnipa, dijalan Dr Sutomo, Kelurahan Balangnipa, Kecamatan Sinjai Utara untuk melihat langsung pelayanan kesehatan.(*)