Minggu, Mei 16, 2021

Ini Tugas dan Wilayah Kerja BHP Makassar, Kantornya Dimana Ya?

Populer

MAKASSAR, LINISIAR.ID – Beberapa tugas pokok Balai Harta Peninggalan (BHP) & Kurator negara yaitu mewakili masyarakat yang karena putusan pengadilan, tidak cakap atau tidak mampu mengurus masalah keperdataan seperti harta tak terurus maupun hak waris.

Tugas lainnya yaitu mengurus tentang perwalian, pengampuan, ketidakhadiran, hingga persoalan kepailitan seperti aset bank dalam likuidasi sehingga harta atau aset yang bermasalah tersebut bisa tertangani sesuai hukum dan menjadi aset atau dimasukkan dalam kas keuangan negara.

BHP adalah salah satu kantor negara yang berada di bawah naungan Kementerian Hukum dan HAM.

Ketua BHP & Kurator Makassar, Mulyadi Arfah SH, MH, menjelaskan kantor BHP di seluruh Indonesia hanya ada 5, dan salah satunya berada di Makassar yang mewilayahi 13 provinsi di bagian timur Indonesia.

Olehnya, BHP Makassar dituntut melaksanakan tugas pokok dan fungsinya dengan baik dengan terus mensosialisasikan tugas dan perannya di wilayah kerja BHP Makassar.

Mulyadi Arfah juga berharap nantinya ada regulasi yang mengatur kiprah kurator negara melalui penetapan dari pengadilan yang menunjuk BHP sebagai kurator dalam menangani sejumlah urusan perwalian, kepailitan, harta tak terurus, maupun hak waris.

“Jadi harus ada penetapan akhir dari pengadilan bahwa yang menyelesaikan masalah seperti kepailitan dilakukan oleh kurator negara,” tuturnya.

Kantor BHP & Kurator Makasssar sendiri berada di Jl AP Pettarani. Tepatnya berhadapan dengan kantor diler motor Suzuki Sinar Galesong.(*)

- Advertisement -

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

IKLAN

Berita Terbaru