Senin, Mei 23, 2022

Indah Undang Investor Bangun Amenitas Desa Wisata Rinding Allo

Populer

LUWU UTARA, Linisiar.id — Amenitas Desa Wisata Rinding Allo Kecamatan Rongkong resmi dimanfaatkan, Minggu (27/2).

Kepala Dinas Pemberdayaan dan Desa (PMD) Luwu Utara, Misbah mengatakan pembangunan amenitas tersebut berkat aspirasi dari Anggota Komisi V DPR-RI, Muhammad Fauzi.

“Melalui Kemendes PDTT RI, amenitas dibangun dengan anggaran Rp. 500 juta. Hal ini tentu tidak terlepas dari inisiatif dan upaya Anggota DPR RI, Bapak Muhammad Fauzi yang memperjuangkan aspirasi kita di pusat,” kata Misbah saat menyampaikan laporan.

Ia juga menyebut, destinasi wisata yang diberi nama Padang Indah tersebut akan dikelola oleh BUMDes Rinding Allo.

“Hal ini dalam rangka memperkuat arah kebijakan strategi jaring ekonomi wiradesa, lumbung ekonomi rakyat, dan sarana prasarana pengembangan objek wisata. Adapun amenitas yang dibangun adalah toilet, empat unit gazebo, toko/ kedai cindera mata, dan juga kegiatan perkebunan yang sifatnya padat karya dan swadaya masyarakat,” jelas Misbah.

Sementara itu Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani mengundang para investor untuk membangun amenitas di lokasi tersebut.

“Lokasinya merupakan hibah dari Pak Desa Rinding Allo. Untuk itu saya mengajak kita semua, khususnya pimpinan perangkat daerah untuk mengambil bagian dalam pembangunan amenitas, misalnya tempat penginapan. Yang didesain adalah bagaimana pengunjung bisa berbaur dengan warga, jadi nilai-nilai kearifan lokal yang ditawarkan oleh Desa Rinding Allo dikenang dan dibawa pulang. Bisa juga berkolaborasi dengan Bobobox Indonesia,” tutur bupati yang hadir mendampingi Anggota Komisi V DPR RI untuk meresmikan pemanfaatan amenitas di destinasi wisata Padang Indah tersebut.

Ia menyebut Luwu Utara memiliki cukup banyak potensi yang harus terus didorong, termasuk potensi wisata.

“Salah satu bentuk dukungan yang diberikan oleh kemendes melalui anggota dewan yang terhormat adalah melalui pembangunan sarana dan prasarana. Kami terima kasih pada Pak Fauzi atas semua dukungan yang diberikan, ini tentu bukan persoalan emosional saja tapi bagaimana masyarakat siap menyambut dan menjaga program yang ada. Yang tidak kalah penting adalah kita tidak sekadar membangun sarpras, tapi bagaimana menjaga keberlanjutnnya, oleh karena itu saya minta untuk mengoptimalkan BUMDes,” pinta bupati perempuan pertama di Sulsel ini.

Senada, Muhammad Fauzi selaku Anggota DPR RI Dapil Sulsel III berharap destinasi wisata tersebut bisa menjadi penopang pendapatan desa melalui BUMDes.

“Dan tentu jadi penopang ekonomi masyarakat dalam rangka pemulihan ekonomi di masa pandemi. Untuk perangkat daerah lainnya, bantu saya dengan data dan informasi apa yang dibutuhkan oleh daerah sehingga kita tahu mana yang harus diprioritaskan dari banyaknya program yang ada. Ke depan mudah-mudahan bersama mitra di Komisi V bisa menyelesaikan permasalahan khususnya pascabanjir bandang di Luwu Utara,” harap Fauzi.

Turut hadir pada peresmian amenitas tersebut Ketua DPRD Basir bersama Anggota DPRD Muh Azhal Arifin, Sekda Luwu Utara Armiady, dan beberapa pimpinan perangkat daerah.

- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

IKLANspot_img

Berita Terbaru