Hasanuddin Leo Sosialisasi Perda Bantuan Hukum ke Masyarakat

MAKASSAR, Linisiar.id – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Makassar, Hasanuddin Leo menggelar sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) No 7 tahun 2015 Tentang Penyelenggaraan Bantuan Hukum, dan Peraturan Wali Kota Makasssar Nomor 46 Tahun 2017 Tentang Tata Cara Penyaluran Anggaran Bantuan Hukum, di Jl Dahlia, Kamis (5/12/2019).

Sosialisasi dilakukan bersama Kepala Bagian Hukum Kota Makassar, Kapolsek, dan Camat setempat. Titik sosialisasi dibagi menjadi delapan lokasi.

Anggota Komisi B, Bidang Ekonomi dan Keuangan, Hasanuddin Leo mengatakan, sosialisasi dilakukan karena melihat banyak masyarakat yang belum mengetahui terkait adanya bantuan hukum oleh pemerintah.

“Masyarakat ini tidak tahu bahwa ada Perda yang telah dibuat oleh DPRD Makassar untuk menjembatani masayarakat yeng memerlukan bantuan hukum.

Olehnya itu, masyarakat miskin tidak perlu khawatir lagi untuk membayar pengacara, lantaran Pemkot telah memfasilitasi bagi masyarakat yang membutuhkan bantuan hukum. Mengenai anggarannya pun tidak perlu dikhawatirkan, karena pemerintah telah menanggung melalui anggaran daerah.

“Jadi ada anggaran 8 juta perkasus yang diberikan kepada masyarakat. Cuman mekanisme pencairannya tidak serta merta, melainkan sesuai tahapannya,” beber Leo.

Bantuan hukum tersebut nantinya akan ditangani langsung oleh organisasi Lembaga Bantuan Hukum (LBH). Syaratnya antara lain, masyarakat yang meminta bantuan hukum mengajukan permohonan bantuan hukum kepada penyedia layanan, melampirkan KTP, Kartu Keluarga, dan keterangan miskin.

Diketahui, setiap titik diberikan materi berbeda, yaitu 4 titik terkait penyelengggaraaan hukum, 2 titik perlindungan anak,1 terkait limbah domestik, dan 1 terkait rumah kost. (*)