Hari Pertama F8, Danny Teken Dua MoU Internasional

MAKASSAR, Linisiar.ID – Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto berhasil mengajak pihak Singapura dan Amerika, untuk melakukan kerjasama atau Nota Kesepahaman (MoU) saat menghadiri even Makassar International Eight Festival and Forum (F8) 2018.

Hal itu dilakukan usai penyelenggaraan forum International and Inter-Regional Discussion High Level Forum for Cooperation, di Maccora Ballroom, The Rinra Hotel Makassar, Rabu (10/10/2018).

Kerjasama tersebut dalam bidang sanitasi dan penyehatan lingkungan di Kota Makassar (IUWASH, AS), dan penyediaan layanan profesional terhubung dengan rumah perawatan atau Dottorota (Napier Healthcare Solution, Singapura).

“Kami ada MoU sebelumnya khusus dengan Healthcare di depan Presiden RI di Semarang waktu itu, dan ini adalah bentuk perpanjangannya. Untuk USA sendiri baru pertama kali di hari ini kami lakukan kerjasama dalam bidang yang menyangkut penyehatan lingkungan di Kota Makassar,” katanya.

Danny juga mengaku sempat ditawarkan aplikasi keamanan dan sekuritas data serta aplikasi menganalisis data di CCTV. Untuk mewujudkan hal tersebut, lanjutnya, perlu dibangun komitmen bersama dari seluruh pemangku kepentingan, khususnya kementerian terkait untuk mendorong dan memfasilitasi terwujudnya kerjasama ini.

Ruang lingkup MoU ini meliputi upaya untuk membangun sinergitas layanan masyarakat utamanya di bidang kesehatan dan lingkungan, sesuai dengan kebutuhan Kota Makassar.

“Kami bangga dan senang karena melalui acara F8 Makassar ini, banyak negara lain berkunjung dan siap bekerjasama membangun Makassar dua kali tambah baik. Saya harap kerjasama ini bisa menjadi awal yang baik bagi hubungan antara Kota Makassar dan Singapura serta Amerika Serikat,” pungkasnya.