Harapan Walikota Palopo ke DPRD, Pembahasan RPJMD Berlangsung Singkat

PALOPO, Linisiar.id – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palopo menggelar rapat dalam rangka penyerahan rancangan awal perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Palopo tahun 2018-2023

RPJMD diserahkan langsung oleh Walikota Palopo HM. Judas Amir, MH kepada Ketua DPRD Kota Palopo Dr. Hj. Nurhaeni S.Kp., M.Kes di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Palopo, Selasa (27/10/2020).

Walikota Palopo HM. Judas Amir, MH memyampaikan, sebagaimana yang diamanatkan oleh Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 tahun 2007 tentang tata cara perencanaan pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah tata cara evaluasi ranperda tentang RPJPD dan RPJM serta tata cara perubahan RPJPD, RPJMD pasal 49 ayat 2, untuk dibahas dan disepakati bersama.

Menurut walikota, pembangunan Kota Palopo saat ini berorientasi pada penanganan masalah dan tantangan yang bersifat penting dan mendesak untuk segera ditangani yang berdampak luas pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Merupakan program Walikota masa bakti 2018-2023 telah dimulai tahun 2019 sampai berakhir RPJMD tahun 2003 sesuai visi, misi, tujuan, sasaran, strategi dan arahan kebijakan,” katanya.

Penyerahan rancangan awal perubahan RPJMD hari ini akan dilanjutkan dengan pembahasan untuk melahirkan nota kesepakatan bersama.

Walikota menambahkan, nota kesepakatan itu akan menjadi dasar utama dalam pelaksanaan tahapan selanjutnya yakni konsultasi dan evaluasi ke pemerintah provinsi sebagai wakil pemerintah di daerah.

Serta dasar dalam penyelenggaraan musrenbang perubahan RPJMD dan pedoman dalam menyusun perubahan renstra perangkat daerah.

Judas Amir berharap, penyerahan rancangan awal RPJMD ini dibahas dan disepakati bersama dalam waktu yang singkat, dengan niat baik, ikhtiar yang tulus, dan  komitmen yang selama ini telah terpelihara.

Turut hadir Sekertaris Daerah Palopo, Drs. Firmanzah DP,  Asisten I, Drs. H. Burhan Nurdin, Asisten III, Dr. dr. Ishak Iskandar, para anggota dewan, dan tamun undangan. (*)