DPRD Makassar Minta Pemkot Siapkan Masker Gratis Untuk Warga

MAKASSAR, Linisiar.id – Anggota DPRD Kota Makassar, Azwar mengatakan, sebelum melakukan random rapid test kepada warga yang tidak menggunakan masker, seharusnya Pemkot menyediakan masker gratis.

“Saya minta pemerintah kota buat pengadaan masker untuk digratiskan kepada warga. Apalagi anggaran yang dimiliki cukup besar. Sejak jauh-jauh hari tiga bulan lalu saya selalu mengatakan adakan masker kain gratis secara massal untuk warga,” ujar Azwar kepada wartawan, Jumat 10 Juli 2020.

Azwar berharap Pemkot Makassar bisa memproduksi sebanyak 2 juta masker kain, dengan memberdayakan para penjahit untuk memproduksi APD tersebut.

“Pemkot bisa berdayakan penjahit lokal Makassar. Ini juga bisa menggerakkan ekonomi. Saya usul mesti Makassar cetak 2 juta masker kain, itu hanya butuh dana kurang dari Rp10 miliar karena perlembar masker kain dipasaran cuma Rp 5 ribu. Lalu masker itu digratiskan pada warga kota Makassar,” tegas Azwar.

Politikus PKS itu menekankan, kewajiban pemerintah kota menyiapkan APD tersebut, agar tidak menimbulkan persebaran virus yang lebih besar lagi.

“Jangan kerja serampangan, apalagi membuat aturan bagi yang kedapatan tidak memakai masker langsung rapid test. Lucu juga kebijakannya. Buatlah kerja sistematis, kebijakan strategis yang tidak menyulitkan masyarakat,” katanya.

Menurutnya, dengan adanya Perwali yang mewajibkan pemakaian masker harus didahulukan dengan penyediaan masker gratis secara massal. WHO juga meminta untuk memakai masker.

“Hanya ini yang bisa kita lakukan untuk mencegah penularan Covid-19 selain protokol kesehatan lainnya seperti physical distancing, cuci tangan dan perkuat imun tubuh,” kata Azwar. (*)