DPRD Bakal Panggil KPU Makassar Bahas Kesiapan Pilwali

MAKASSAR, Linisiar.id – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Makassar Kasrudi mengusulkan untuk memanggil KPU Kota Makassar untuk membahas kesiapan Pemilihan Walikota Makassar yang akan digelar di tengah pandemi COVID-19.

“Kemarin kita berencana mengusulkan memanggil KPU terkait Pilwali Makassar dari Komisi A terkait dengan anggaran, terus apa langkah yang akan digunakan untuk mengantisipasi kondisi ini,” ujar legislator Gerindra tersebut, Jumat (10/7).

Menurutnya, pemanggilan KPU Makassar perlu dilakukan karena adanya penambahan anggaran yang disetujui Pemkot Makassar sebesar Rp6,2 miliar. Dengan penambahan itu, total anggaran KPU Makassar untuk meneyelenggarkan Pilwali Makassar menjadi Rp84,2 milliar. “Kita ingin tahu, anggaran tersebut akan dipergunakan untuk apa saja nantinya,” ujar Kasrudi.

Politikus Gerindra ini, mengakui, sebelumnya dia sempat meminta KPU merevisi kebutuhan tambahan anggaran, melihat situasi saat ini di mana Pemkot Makassar tengah berjibaku mengatasi Covid-19.

“Makassar masih pandemi, saya nda ada masalah jika ditambah, sepanjang itu berguna, protokolkan harus diterapkan, baru kita juga masih di zona merah,” ujarnya.

Sementara Ari Ashari Ilham, anggota DPRD Makassar mengungkapkan, sejauh ini dia masih belum tahu apakah telah ada strategi yang disusun KPU dalam menyelenggarakan pilkada di tengah pandemi atau tidak.

Politikus NasDem ini menambahkan, persiapan pilkada 2020 harus betul-betul matang. Dia khawatir, jika tidak dipersiapkan, klaster baru penyebaran Covid-19 bisa muncul gara-gara pilkada 2020.

“Memang saya menganggap bahwa persiapan kali ini harus betul-betul dipersiapkan dan tentunya butuh anggaran,” ujar legislator Nasdem tersebut. (*)