Senin, Agustus 2, 2021

Diskominfo Palopo dan Kelurahan Dangerakko Sosialisasi Pembentukan Kelompok Informasi Masyarakat

Populer

PALOPO, Linisiar.id – Dinas Komunikasi dan informatika (Diskominfo) Kota Palopo bekerjasama dengan Kelurahan Dangerakko adakan pembinaan/sosialisasi pembentukan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM). Sosialisasi berlangsung di Kelurahan Dangerakko, Selasa (13/07/2021).

Kabid Pengelolaan Opini dan Aspirasi Publik Diskominfo Palopo, Junita Anjar Lestari, S.S, mengatakan, pembinaan/sosialisasi pembentukan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) bertujuan memberdayakan masyarakat lokal untuk memperoleh/mengakses informasi dan teknologi komunikasi.

“Setiap daerah memiliki ciri khas dan karakteristik masing-masing, baik dari potensi sumber daya manusianya maupun sumber daya alam yang mendukungnya. Salah satu potensi yang ada di Kelurahan Dangerakko ialah pusat perekonomian yaitu terminal, pusat ole-ole khas Palopo dan kerajinan tangan menjahit,” katanya.

Lanjutnya, adapun tugas KIM yakni merupakan kelompok yang secara mandiri dan kreatif melakukan pemberdayaan masyarakat terhadap akses informasi dan komunikasi.

“Dalam proses pemberdayaan masyarakat tersebut, KIM memiliki tugas-tugas sebagai berikut mewujudkan masyarakat yang aktif, peka dan memahami informasi. Memberdayakan masyarakat untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan dan bermanfaat,” tambahnya.

Kepala Seksi Kehumasan dan Pemberdayaan Komunitas Sosial, Kirawan, menambahkan ada dua cara pembentukan KIM, yaitu kelompok yang dibentuk sebagai KIM kelompok lain, seperti kelompok tani, nelayan, UKM, yang berfungsi juga sebagai KIM.

KIM terdiri dari sekelompok masyarakat yang memiliki komitmen bersama untuk memberdayakan masyarakat lokal dalam memperoleh akses informasi.

Pembentukan kelompok informasi masyarakat ini dilakukan dengan strategi sebagai berikut: menyusun ketua, wakil, dan anggota kelompok (penetapan pengurus).

Menetapkan visi, misi, program, sarana, dan kegiatan. Pengorganisasian Sumber Daya Manusia (SDM), aktivitas, sarana, dan prasarana.

Menyusun perencanaan pelaksanaan aktivitas KIM. Mengetahui ragam media yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber informasi dan penyebaran informasi ke masyarakat.

Diskusi tentang ide-ide baru, diskusi diseminasi informasi, presentasi hasil diskusi, diseminasi informasi melalui tatap muka/media untuk mengetahui dan memahami respon serta pemahaman masyarakat, implementasi dan simulasi kegiatan, monitoring informasi oleh anggota kelompok melalui media informasi yang digunakan, evaluasi program/kegiatan.

Dalam kegiatan pembinaan tersebut turut hadir Lurah Dangerakko Adhy Dewantara, SE, Sekretaris Lurah  Dangerakko Ramlah Arifin, S.Pd. (Fatmawati)

- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

IKLANspot_img

Berita Terbaru