Diresmikan Bupati Sinjai, Kades Terasa Bersyukur Jalan Desanya Mulus

SINJAI, LINISIAR.ID – Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa mengatakan, bahwa peningkatan infrastruktur jalan hingga ke pelosok desa merupakan komitmen di masa pemerintahannya.  

Ia menyebutkan pentingnya sarana jalan yang mulus untuk memperlancar akses masyarakat desa yang selanjutnya diharapkan mendorong pertumbuhan ekonomi warga.

“Jika jalan mulus maka potensi desa bisa digenjot, baik wisata dan potensi Sumber Daya Alam (SDA) lainnya sehingga ekonomi masyarakat bisa tumbuh, itu menjadi harapan kami,” kata Andi Seto Asapa saat meresmikan pembangunan jalan di Desa Terasa, Kecamatan Sinjai Barat, Sinjai, Selasa (3/11/2020).

Dibawah kepemimpinan bupati ASA, sejak tahun 2018 hingga sekarang, panjang jalan yang dibangun sudah mencapai 140 kilometer. Ruas jalan tersebut tersebar di 8 kecamatan di Sinjai.

Menurut ASA, sebelum berhasil mewujudkan komitmennya itu, dirinya sempat mendapat sejumlah tantangan. Salah satunya yakni pada saat pengusulan dana pinjaman daerah. “Berbagai penolakan dilontarkan oleh masyarakat waktu itu, tapi kami tetap berupaya agar program ini bisa terlaksana,” terangnya.

Bupati muda yang merupakan lulusan Magister Monash University Australia ini juga meminta peran masyarakat untuk mengawasi pembangunan infrastruktur tersebut. Jika masih ada yang kurang berkualitas, maka segera dilaporkan untuk dibenahi.

“Saya juga melakukan pengawasan bagaimana pelaksanaannya, saya juga sudah minta ke Pak Kadis PUPR untuk diperhatikan, apalagi masih masa kontrak, sebelum kontraktor dibayar, tidak ada lagi masalah,” imbuh ASA.

Di Desa Terasa, pembangunan infrastruktur jalan sudah selesai dikerjakan beberapa waktu lalu. Penantian masyarakatnya untuk menikmati jalan mulus pun akhirnya terwujud. Mereka senang dan bersyukur lantaran pengerjaan jalan di wilayah pegunungan Sinjai Barat tersebut baru tersentuh di era pemerintahan bupati ASA.

“Terasa butuh perhatian khusus terutama infrastruktur, banyak jalan kami rusak, Alhamdulillah tahun ini jalan yang selama ini didambakan masyarakat sudah dikerjakan,” kata Kepala Desa Terasa, Nasse, Senin (3/11/2020).

Di lokasi peresmian jalan, Nasse juga menceritakan kondisi ruas jalan Bonto Salama-Terasa sebelum diperbaiki. Akses tersebut sangat sulit dilalui karena medan jalan yang cukup terjal. Ditambah lagi kondisi tanah yang mudah berlumpur ketika memasuki musim hujan.

“Kami sangat bersyukur karena baru kepemimpinan kali ini kami mendapat sesuatu yang berharga yang dapat menunjang perekonomian masyarakat,” ujarnya.

Peresmian jalan di Desa Terasa pada Senin sore, turut dihadiri Wakil Bupati Sinjai, Andi Kartini Ottong, Ketua DPRD Sinjai, Lukman H Arsal, Kejari Sinjai, Ajie Prasetya, Wakapolres Sinjai, Kompol Syarifuddin, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah dan Kepala Bagian Setdakab Sinjai. (msm)