Senin, Agustus 2, 2021

Dinkes Luwu Sosialisasi Vaksinasi, Plt Kadis: Vaksin Bukan Obat, Tapi Untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Populer

Luwu, Linisiar.id  – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Luwu menggelar advokasi dan sosialisasi kegiatan vaksinasi. Kegiatan tersebut berlangsung di Kantor Camat Kamanre, Kabupaten Luwu, Jumat (16/7/2021).

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Luwu, dr Hj Rosnawary Basir, sebagai pemateri dalam kegiatan tersebut mengatakan bahwa terkait penyelenggaraan vaksinasi ada dua istilah yang kita kenal yaitu vaksin dan vaksinasi.

“Vaksin yaitu sediaan yang mengandung zat biologik sebagai antigen sfesifik dari virus atau bakteri. Sedangkan vaksinasi yaitu tindakan memberikan atau memasukkan vaksin ke tubuh manusia, yang merangsang sistem imun,” tuturnya.

Lanjutnya, tujuan vaksinasi agar kita dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Kekebalan tubuh itu ada dua yaitu kekebalan alami dari tubuh sendiri dan kekebalan buatan yaitu vaksinasi.

“Ingat ki vaksin itu bukan obat, jadi jangan ki berfikir, kalau saya sudah vaksinasi, saya tidak kena covid. Vaksin itu untuk meningkatkan daya tahan tubuh ta supaya tidak diminta-minta virus itu masuk ke dalam tubuh ta, bisa saja ada dua hal, kita tidak kena karena kita punya daya tahan tubuh bagus, dan yang kedua bisa saja kita kena, tapi kita tidak terlalu bergejala berat,” ucapnya.

“Tujuan kita nantinya karena kita tahu bahwa akhir-akhir ini, varian delta itu sudah masuk di Indonesia, dan mungkin saja karena belum ada kajiannya di Kabupaten Luwu, kemudian di Kabupaten Luwu varian delta ini sudah masuk, kenapa dalam sehari tambahan kasus sekitar 10-20,” ujarnya.

Turut hadir, Kepala Kejaksaan Kabupaten Luwu, Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Luwu, Pabom Luwu, Kabag OKS Kepolisian, Camat Kamanre, tim Dinas Kesehatan, lurah serta kepala-kepala desa se-Kecamatan Kamanre dan masyarakat sekitar. (Fatmawati)

- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

IKLANspot_img

Berita Terbaru