Kamis, Desember 9, 2021

Bupati Luwu Utara : Wujudkan IDM Desa Mandiri Butuh Peran Kepala Dusun

Populer

MAKASSAR, Linisiar.id – Kepala dusun disetiap desa juga memiliki peran penting dalam memajukan Desa. Baik dari segi ekonomi hingga sosial, peranya sangat dibutuhkan.

Indeks Desa Membangun (IDM) Desa Mandirimerupakan Indeks komposit yang dibentuk berdasarkan tiga indeks, yakni indeks Ketahanan Sosial, Indeks Ketahanan Ekonomi dan Indeks ketahanan ekologi atau lingkungan.

Ukuran pengklasifikasian desa berdasarkan IDM dibagi menjadi 5, diantaranya desa mandiri, desa maju, desa berkembang, desa tertinggal dan desa sangat tertinggal.

“Hari ini digelar pelatihan peningkatan kapasitas kepala dusun. Ini kali pertama dilakukan ada pelatihan kepala dusun. Kepala dusun punya peran strategis dan masuk dalam struktur kewilayahan,” kata Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani saat membuka Leadership dan team Building Outbond Training untuk peningkatan aparat Desa di Makassar. Sabtu (30/10/2021)

Indah menambahkan, IDM Desa Mandiri membutuhkan peran kepala dusun, langkah memberi mereka pelatihan dan peningkatan kapasitas sangat tepat.

“Peran kepala dusun tidak boleh dianggap remeh dan mereka juga yang paling paham kondisi dan situasi disetiap dusun. Maka sangat perlu setiap kepala dusun tahu dan memahami indikator IDM,” tegas Indah.

Selain itu Indah juga berpesan, setiap pemerintah desa untuk menjaga dan memanfaatkan dengan baik aset yang dimiliki. Bukan hanya aset material tapi juga aset sumber daya manusia yang dimiliki.

“Kepala dusun ini adalah aset SDM yang ada disetap desa. Apa lagi mereka yang sudah diikutkan pelatihan, trening, peningkatan kapasitas dan lainya. Jadi harus kita jaga, jangan dengan mudah mengganti perangkat desa kalau sudah dilatih lantas diganti yang rugi pemerintah dan masyarakat,” pungkasnya.

“Selamat mengikuti Leadership dan team Building Outbond Training untuk peningkatan aparat Desa, kita harap apa yang menjadi tujuan dari kegiatan ini tercapai dan diterapkan di dusun atau wilayah masing masing,” tutup Indah.

- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

IKLANspot_img

Berita Terbaru