Sabtu, Oktober 16, 2021

Bupati Enrekang Ikuti Panen Raya Bawang Merah di Maiwa

Populer

ENREKANG, LINISIAR.ID – Bupati Enrekang MB memimpin kegiatan panen raya perdana bawang merah di Kawasan Fajar Grup, Kecamatan Maiwa, Enrekang, Kamis (29/7/2021).

Panen raya ini merupakan yang pertama kali dilakukan di Kawasan Fajar Grup setelah bawang merah memasuki usia 60 hari setelah tanam.

“Bismillah, hari ini kita panen bawang merah di Fajar Grup Maiwa setelah 60 hari. Jumlah bibit yang kita tanam kemarin sebanyak 2,5 ton.

Bawang kita panen hari ini, Insyaallah akan kita tangkarkan kembali jadi bibit,” ujar MB sambil mulai mencabut bawang.

Maiwa dikenal sebagai daerah yang cukup panas dan tanahnya berpasir dengan ketinggian 90 mdpl sehingga bawang yang di produksi relatif tidak banyak mengandung kadar air.

Dengan bibit 2,5 ton yang di tanam, menurut perkiraan Bupati, hasilnya bisa 1:10. Artinya, diperkirakan hasilnya 25 ton bawang merah yang di panen tersebut.

Menurut MB, pertanian bawang merah menyerap banyak tenaga kerja dengan sistem manajemen yang profesional, mulai dari proses pengolahan lahan, perawatan sampai pada panen hari ini semuanya menggunakan tenaga kerja.

Pemanfaatan teknologi juga sudah tidak manual dengan menggunakan mesin untuk membuka lahan.

Termasuk dalam penyemprotan pestisida, sudah tidak menggunakan lagi handstrayer, tapi menggunakan selang yang di sambung ke drum, yang kapasitas nya bisa mencapai 200 liter satu kali penyemprotan, ini juga sangat hemat waktu.(*)

- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

IKLANspot_img

Berita Terbaru