Selasa, September 27, 2022

Batik Rongkong Rancangan Desainer Rinamariana Sita Perhatian Pengunjung Sulsel Craft Show 2022

Populer

MAKASSAR, LINISIAR.ID – Busana harmonisasi sekong sirenden sipomandi ala batik rongkong mendapat perhatian pengunjung pada gelaran Sulsel Craft Show 2022 yang digelar Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sulsel, 5-8 Juni 2022, di Hotel Four Points by Sheraton, Makassar.

Busana batik Rongkong yang menarik perhatian pengunjung Sulsel Craft Show 2022 ini adalah rancangan desainer asal Kecamatan Sukamaju, Rinamariana.

Sang Desainer, Rinamariana mengatakan, motif yang dimuat pada busana rancangannya adalah filosofi budaya kehidupan masyarakat Luwu Utara yang bermakna kebersamaan dan saling bergandengan tangan dalam mengarungi kehidupan secara harmonis.

“Kombinasi kain perca kulit dan kain perca jeans ini menyiratkan jiwa trendi pemuda(i),” kata Rina. Ia mengatakan, paduan kain yang digunakan itu memuat harapan agar budaya gotong-royong dapat melekat pada diri pemuda(i) milenial di Luwu Utara.

“Terdapat banyak tingkatan layer pada desain busana ini yang juga menggambarkan banyaknya tingkatan status sosial masyarakat Luwu Utara,” jelasnya. Meski begitu, kata dia, banyaknya tingkatan status sosial, tetap menjaga ikatan kuat kebersamaan dan bergandengan tangan secara harmonis.

“Ikatan kuat itu ditampilkan dalam desain dengan wujud ikat tali pita yang menyatukan layer-layer busana dengan motif patchwork yang menyerupai anyaman yang menguatkan kesan kebersamaan,” papar dia.

“Nah, anyaman tersebut adalah rangkaian beberapa helai kain yang saling menyokong, sehingga membentuk suatu kesatuan yang kuat nan cantik,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Dekranasda Luwu Utara bersama dengan Bidang Kebudayaan Disdikbud, mendapat kesempatan menggelar Fashion Show Kain Rongkong dan Baju Adat Rampi pada hari kedua di Panggung Utama Gelaran Sulsel Craft Show 2022. (*)

- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru