50 Kelompok Tani di Luwu Terima Bantuan Traktor Tangan, Diserahkan Langsung Bupati

LUWU, Linisiar.id – Bupati Luwu, H Basmin Mattayang didampingi dua orang anggota DPRD Luwu dari Partai Nasdem, H Basaruddin dan Arbi Arsyad serta Kepala Dinas Pertanian, Albaruddin A Picunang menyerahkan 50 unit tractor tangan kepada 50 kelompok tani di aula rumah jabatan Bupati Luwu, Kelurahan Pammanu, Kecamatan Belopa Utara, Jum’at (6/7/2020).

Selain hand tractor, Bupati Luwu juga menyerahkan satu  unit mesin pompa air kepada masyarakat Desa Laloa, Kecamatan Larompong Selatan yang diwakili oleh Kepala Desa Laloa, Andi Hajar.

Dalam sambutannya, Bupati Luwu menjelaskan bahwa asal bantuan alsintan ini merupakan aspirasi dari anggota DPR RI dari Partai Nasdem, Rusdi Masse.

“Bantuan ini berkat usulan dari anggota DPR RI dari Partai Nasdem, Rusdi Masse yang kemudian dituangkan ke dalam APBN tahun anggaran 2020 pada Kementerian Pertanian yang dialokasikan untuk pengadaan traktor tangan bagi para petani di Kabupaten Luwu, sehingga pada hari ini Pemerintah Kabupaten Luwu membagikan sebanyak 50 unit kepada kelompok tani yang disaksikan langsung oleh 2 orang anggota DPRD Luwu dari Partai Nasdem,” kata H Basmin Mattayang.

Menurut Bupati Luwu, pemberian bantuan ini bertujuan meringankan kerja petani dalam mengolah lahan pertaniannya serta dapat meningkatkan taraf ekonomi dan kesejahteraan petani.

“Salah satu visi misi Pemerintah Kabupaten Luwu adalah meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan petani, sehingga berbagai upaya dilakukan untuk mencapai tujuan itu,” katanya.

“Diantaranya meningkatkan sinergitas dengan pemerintah provinsi dan pemerintah pusat serta melakukan koordinasi dengan berbagai pihak terutama para anggota DPR RI,” tambahnya.

Bupati meminta kelompok tani memanfaatkan traktor tangan ini, dipelihara serta dipergunakan secara merata dan adil oleh seluruh anggota kelompok.

Bupati juga meminta kepada Kepala Dinas Pertanian Luwu menyosialisasikan mengubah teknik menanam padi menggunakan pipa dan kembali pada teknik tradisional yaitu menanam bibit karena hasilnya lebih banyak dan lebih menguntungkan.

Anggota DPRD Luwu, H Basaruddin mengungkapkan bahwa usulan bantuan traktor tangan untuk para petani di Kabupaten Luwu tidak terlepas dari upaya Pemerintah Kabupaten Luwu.

Kepala Dinas Pertanian Luwu, Albaruddin A Picunang melaporkan bahwa 50 kelompok tani yang menerima bantuan berasal dari 17 kecamatan.

Dengan adanya bantuan ini diharapkan dapat meningkatkan produktifitas hasil pertanian. (*)