Kamis, Desember 9, 2021

Permainan Ma Gasing Ramaikan Panen Raya Desa Sassa

Populer

LUWU UTARA, LINISIAR.ID – Beragam permainan tradisonal dimainkan oleh masyarakat Desa Sassa, Kecamatan Baebunta dalam pesta panen yang mereka gelar, Sabtu (20/11/2021).

Wakil Bupati Luwu Utara, Suaib Mansur yang hadir pada pesta panen kali ini terlihat turut memainkan salah satu permainan tradisional yaitu Ma Gasing.

“Permainan gasing adalah permainan tradisional yang butuh keterampilan talenta dan kekuatan. Sayang sekali kalau tidak dilestarikan,” kata Suaib.

Ia menambahkan melalui acara pesta panen to limola, ia mengajak anak-anak muda Luwu Utara mengenal dan memainkan kembali permainan gasing yang dulu sering hadir ketika masyarakat menggelar pesta panen.

Tidak hanya itu, selain mengajak untuk melestarikan permainan tradisonal, Wabup Suaib juga mengajak masyarakat untuk tidak hentinya mengucap syukur atas hasil panen yang telah didapatkan.

“Mari terus mengucap syukur. Di tengah pandemi, hasil panen kita tetap melimpah di Kabupaten Luwu Utara, salah satunya di Desa Sassa Kecamatan Baebunta ini,” ujarnya.

Tercacat bahwa luas lahan sawah di desa ini mencapai 85 hektar. Tentu jika produksi padi, khususnya di Desa Sassa tersedia, dapat dipastikan hal itu mampu memenuhi kebutuhan masyarakat setempat.

Wabup Suaib menambahkan bahwa dari data yang ada sampai dengan Oktober tahun ini, gabah kering yang dihasilkan Luwu Utara mencapai 281 ribu ton. Jika dikonversi ke padi, kurang lebih sekira 165.116 ribu ton.

Sementara tingkat konsumsi rata-rata untuk Luwu Utara 118 kg per kapita per tahun. Artinya hasil panen masyarakat surplus kurang lebih 84 ribu ton.

“Dengan kondisi tersebut, dapat diyakini kebutuhan beras di Kabupaten Luwu Utara tetap aman dan terkendali,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Desa Sassa, Sukur menyebut pesta panen ini merupakan antusias masyarakat pasca panen. Sebagai pemerintah desa, pihaknya mendukung sepenuhnya kegiatan ini.

“Terima kasih telah meluangkan waktu untuk hadir di tempat ini. Dari keberhasilan ini kami bersyukur, karena selain berlimpah ruah hasil kerja keras warga turut mendapat perhatian serius dari Pemerintah Kabupaten Luwu Utara,” ujarnya.

Sebagai rangkaian pesta panen, masyarakat Desa Sassa menggelar pertandingan. Adapun yang diperlombakan yakni Ma Gasing, Ma Longga, Baladu’ dan Baraccung.

- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

IKLANspot_img

Berita Terbaru