10 Program Pokok Optimal, PKK Sulsel Apresiasi PKK Luwu

LUWU, Linisiar.id – Tim Supervisi, Monitoring, Evaluasi dan Pelaporan (SMEP) TP-PKK Provinsi Sulawesi Selatan, mengapresiasi pengurus TP PKK Kabupaten Luwu atas kerja kerasnya menjalankan tugas sebagai mitra pemerintah daerah dalam membantu meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Wakil Ketua II TP PKK Provinsi Sulsel Hj Haerani S Alam mengungkapkan hal tersebut, saat mengunjungi beberapa lokasi dalam rangka melakukan Supervisi dan Monitoring 10 program pokok TP PKK di Kabupaten Luwu, Kamis (17/9/2020).

“Sangat luar biasa apa yang telah diperbuat TP PKK Kabupaten Luwu dalam menjalankan 10 program pokok PKK, meski bekerja dengan serba keterbatasan akibat pandemi Covid-19,” katanya.

Menurut Ketua Tim SMEP PKK Sulsel itu, dalam pelaksanaan 10 Program pokok PKK, TP-PKK Kabupaten Luwu mengalami peningkatan dalam pelaksanaan tertib administrasi, Usaha Peningkatan dan Pendapatan Keluarga (UP2K), IVA Test dan program ‘Hatinya PKK’.

“Kami telah melakukan supervisi di sekretariat TP PKK, kemudian melakukan monitoring ke beberapa lokasi yang menjadi program unggulan TP PKK Kabupaten Luwu seperti kampung bebas Covid-19, lokus stanting, Kelompok UP2K Binaan, KWT Binaan, Dasa Wisma dan Posyandu. Memang ada beberapa yang masih perlu pembenahan dan perbaikan, namun secara umum pelaksanaan 10 program pokok PKK di Kabupaten Luwu berjalan dengan baik dan terus mengalami peningkatan,” jelasnya.

Saat mengunjungi lokasi IKM Barambing tempat pelaksanaan Pekan UMKM Tahun 2020, Tim SMEP PKK Sulsel juga memuji kerajinan tangan yang lahir dari kreatifitas para kader PKK Kabupaten Luwu dalam mengelola limbah plastik menjadi suatu karya yang memiliki kearifan lokal.

Diakhir kunjungannya di Desa Bilante Kecamatan Larompong, Tim SMEP TP PKK Sulsel berpesan agar para kader TP PKK harus lebih giat dan bersemangat menjalankan program strategis pemerintah, khususnya membantu meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Selain itu, harus peka dan peduli terhadap kesenjangan sosial yang terjadi dilingkungan masyarakat terutama kepada mereka yang terdampak langsung dengan pandemic Covid-19.

“Ada kasus yang kami dapatkan di Makassar seorang anak melakukan pencurian HP karena tidak memiliki HP untuk mengikuti pembelajaran daring selama pandemi Covid-19. Ini telah menjadi perhatian ibu ketua TP PKK Provinsi Sulsel sehingga atas arahan ibu ketua semua pengurus dan kader membuat sebuah program dengan mengumpulkan koin sisa belanjaan. Koin-koin ini kita kumpulkan sebagai dana taktis untuk memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan uluran tangan dan ini bisa juga diterapkan di Kabupaten Luwu,” katanya.

Sementara itu Ketua TP PKK Kab Luwu, Hj Hayarna Basmin mengatakan, bahwa semua yang dilakukannya bersama pengurus dan para kader PKK Kab Luwu tidak terlepas dari arahan dari Ketua TP PKK Provinsi Sulawesi Selatan

“Kami sangat bersyukur dan bangga karena cukup mendapat perhatian dari Ibu Ketua TP PKK Prov Sulsel. Arahan-arahan dari beliau memotivasi kami untuk selalu melakukan yang terbaik demi peningkatan Kesejahteraan keluarga dan masyarakat Kab Luwu, tentunya dengan kehadiran Tim SMEP ini kami berharap diberi masukan saran sebagai bahan perbaikan dalam menjalankan 10 program pokok PKK,” katanya. (*)