Jumat, Februari 26, 2021

Wabup Bantaeng Buka RK Penyuluhan Pertanian, H. Sahabuddin: Penyuluh Harus Manfaatkan Media & Berinovasi

Populer

BANTAENG, Linisiar.id – Wakil Bupati Bantaeng, H. Sahabuddin baru saja membuka secara resmi Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Penyuluhan Pertanian Kabupaten Bantaeng tahun 2021.

Acara diselenggarakan oleh Dinas Pertanian Kab. Bantaeng di Ruang Pertemuan Hotel Ahriani, Jl. Raya Lanto Bantaeng, Kamis (4/2) pagi.

Kepala Dinas Pertanian Sulsel yang diwakili oleh Kepala UPT Pelatihan Sumber Daya Manusia, Asninda menyebutkan bahwa Rapat Koordinasi ini menjadi rakor penyuluhan pertama yang dilaksanakan di Sulawesi Selatan.

“Hal ini menunjukkan bahwa pemerintah daerah memberi dukungan besar terhadap penyelenggaraan penyuluhan pertanian. Melalui kegiatan ini kami harap para penyuluh untuk mendukung Pemkab Bantaeng mewujudkan satu data pertanian Indonesia”, ujarnya.

Sementara itu, Wabup dalam sambutannya mengatakan bahwa harapan ke depan bagi para penyuluh untuk tetap mempertahankan eksistensi dalam upaya peningkatan produksi dan produktivitas sektor pertanian, perkebunan dan peternakan di Kab. Bantaeng pada khususnya dan secara nasional pada umumnya.

“Penyuluh juga harus mampu menguasai teknologi dengan memanfaatkan media dan mengembangkan inovasi dalam upaya peningkatan kapasitas dan kemampuan diri”, ujar Wabup.

Rapat Koordinasi ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian Kab. Bantaeng, Budi Taufik, dan diikuti oleh peserta yang terdiri dari seluruh penyuluh pertanian Kab. Bantaeng baik yang berstatus PNS, P3K dan status kontrak daerah. Rakor dilaksanakan selama satu hari dengan metode pleno dibagi menjadi dua sesi, dengan narasumber Kepala UPT Balai Pelatihan SDM Pertanian Sulsel dan para Kabid lingkup Dinas Pertanian Kab. Bantaeng.

Penyelenggaraan penyuluhan di daerah pun menuntut adanya keterpaduan dari berbagai instansi dan kelembagaan terkait, dengan maksud untuk memberdayakan petani, peternak dan nelayan serta penguatan kelembagaan tani dan nelayan, sehingga pelaku utama dan pelaku usaha dalam meningkatkan produksi, pendapatan dan kesejahteraannya bisa dilaksanakan secara terintegrasi. (*)

- Advertisement -

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

IKLAN

Berita Terbaru