TP PKK Luwu Gelar Lomba Menu Sehat dari Daun Kelor, ini Daftar Kecamatan yang Juara

LUWU, Linisiar.id – Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Luwu menggelar lomba menu sehat berbahan dasar daun kelor di Gedung Simpurusiang, Kelurahan Senga, Kecamatan Belopa, Senin (16/11/2020).

Lomba menu sehat ini diselenggarakan dalam rangka peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-48 Tahun 2020

Ketua TP-PKK Kabupaten Luwu, Ny Hj Hayarna Basmin, sebelum membuka secara resmi lomba ini mengatakan, kegiatan ini sebagai bagian dari bentuk pembinaan.

“Lomba Menu Sehat merupakan salah satu program Kelompok Kerja (Pokja) III TP PKK Kab Luwu sebagai implementasi dari pembinaan untuk mewujudkan keluarga sehat,” kata Ny Hj Hayarna Basmin.

Panitia memilih daun Kelor sebagai bahan dasar lomba menu sehat, karena memiliki khasiat yang cukup banyak bagi kesehatan.

“Kelor merupakan salah satu jenis tanaman yang kaya  nutrisi dan memiliki beragam khasiat, terutama untuk pengobatan. Tidak hanya sebagai pengobatan, daun kelor juga dapat digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh dan mencegah datangnya penyakit,” jelas Hj Hayarna Basmin.

Sementara itu, Ketua Pokja III, Hj Hartati Andi Pangerang menjelaskan bahwa lomba ini diikuti oleh TP PKK dari 22 kecamatan se-Kabupaten Luwu.

Menu-menu yang diperlombakan dengan bahan daun kelor adalah kapurung, cake, puding, lauk, dan jus.

Penilaian lomba berdasarkan cita rasa, kreatifitas, aroma, penyajian/penampilan, kebersihan, bentuk dan keragaman kandungan gizi.

Dari hasil penilaian tim juri yang terdiri dari Ketua TP PKK Luwu, Ketua IKA DPRD Luwu, Ketua Persit Kodim 1403/SWG dan Ketua Bhayangkari Polres Luwu, PKK Kecamatan Bajo berhasil sebagai Juara I, Kecamatan Belopa Juara II, Kecamatan Bua Juara III.

Kecamatan Belopa Utara Juara Harapan I, Kecamatan Walenrang Juara Harapan II, dan Kecamatan Lamasi Juara Harapan III.

Sementara untuk penilaian khusus, Juara Favorit diraih Kecamatan Bastem Utara, penilaian berdasarkan kreatifitas menu diraih oleh Kecamatan Ponrang Selatan, cita rasa dari Kecamatan Bajo Barat, aroma menu dari Kecamatan Kamanre, penyajian/penampilan dari Kecamatan Larompong, kebersihan dari Kecamatan Larompong Selatan, bentuk menu dari Kecamatan Suli dan keragaman gizi diraih oleh Kecamatan Suli Barat. (*)