Tahun 2021, Sinjai Perluas Lahan Komoditas Bawang Merah

SINJAI, LINISIAR.ID – Potensi lahan komoditas  bawang merah di Kabupaten Sinjai bisa mencapai 300 hektare.

Pengembangan komiditas bawang merah di Sinjai juga didukung dengan bantuan pemerintah. Pemberian bibit bawang merah yang berkualitas dan gratis ini merupakan salah satu komitmen Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA)  yang dijabarkan dalam visi dan misi Pemkab Sinjai di bidang pertanian.

Selain itu, banyak juga petani di Sinjai yang mendapatkan bibit bawang merah secara swadaya.

Meski pandemi Covid-19, harga bawang merah di pasaran tetap stabil sehingga petani bawang merah di Sinjai tetap menopang ekonomi dan meningkatkan taraf hidupnya.

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Sinjai, Hj Sitti Marwatiah, berharap bantuan bibit bawang merah di Sinjai dari pemerintah dapat terus meningkat untuk tahun depan.

Ia mengaku Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura, dan Perkebunan Sinjai, telah mengajukan permohonan penambahan lahan pengembangan bawang merah.

“Kita sudah ajukan permohonan untuk tahun depan dari perencanaan sementara agar Sinjai bisa mendapatkan 25 hektare. Semoga ini bisa bertambah,” tambahnya.

Tahun 2020 ini, Pemerintah Kabupaten Sinjai mendapatkan bantuan dari APBN Pusat dengan bbit bawang merah untuk luas lahan 20 hektare. Lahan itu dikelola kelompok tani di tiga kecamatan yaitu kecamatan Sinjai Utara,  Sinjai Borong dan Sinjai Barat.(*)