Sekretaris Dispar Sinjai Ajak Karang Taruna Manfaatkan Potensi Alam Sinjai

ilustrasi (shopee)

SINJAI, LINISIAR.ID – Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Sinjai, Andi Mandasini, tampil memberi materi di ajang kemah bakti dirangkaikan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemmarikan) yang digelar Karang Taruna Kabupaten Sinjai, Jumat (13/11/2020).

Kegiatan itu digelar di Pantai Marana, Desa Pasimarannu, Kecamatan Sinjai Timur. Kegiatan diawali dengan diskusi bertema pemanfaatan potensi pemuda berbasis kearifan lokal.

Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Sinjai, Andi Mandasini, mengajak aktivis Karang Taruna lebih peka pada potensi yang ada di lingkungan tempat tinggalnya.

Menurutnya Sinjai kaya dengan potensi dan tinggal diolah dengan baik.

 “Misal gula merah yang diolah dalam bentuk lain, dan tidak hanya dijual dalam bentuk gula batok. Juga ada madu. Tantangannya adalah mengubah mindset pelaku usaha kita,” ungkapnya disadur dari sinjai.info.

Kearifan lokal lain yang ada di Sinjai, tambahnya, adalah banyaknya tumbuh daun lontar di wilayah Desa Sanjai, Kecamatan Sinjai Timur. Daun lontar tersebut mulai diolah menjadi kerajinan tangan.

Madasini bahkan mengaku bekerjasama dengan pengrajin keranjang lontar dari Desa Sanjai untuk memasarkan produk tersebut. “Alhamdulillah sudah ada pelanggan tetap dari Makassar,” tambahnya.

Diskusi itu dipandu anggota Karang Taruna Kabupaten Sinjai, Ahmad ‘Ocha’ dengan peserta dari kalangan pengurus Karang Taruna Kecamatan, Kelurahan dan Desa se-Kabupaten Sinjai.(*)