PSM Makassar Ditahan Imbang PS Sleman di Mattoanging

Foto: Pachemindstore/ linisiar.id

MAKASSAR, Linisiar.id – PSM Makassar tertinggal 0-1 dari PSS Sleman di babak pertama dalam laga pekan ke-33 di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Minggu (15/12/2019).

Gol PSS Sleman ke gawang PSM Makassar dicetak oleh Yevhen Bokhasvili pada menit ke-45+1.

Sepuluh menit pertama babak pertama duel PSM kontra PSS Sleman berjalan cukup alot.

Meski sama-sama bermain terbuka, PSM Makassar dan PSS Sleman belum bisa menelurkan satu peluang emas yang mampu mengancam gawang lawannya.

Peluang pertama bagi tuan rumah baru muncul pada menit ke-10 melalui Taufik Hidayat.

Taufik melepaskan satu tembakan keras dari luar kotak penalti dan bola memantul tanah.

Bola sempat terlepas dari cengkraman Try Hamdani, tetapi Ezra Walian terlambat menyambar.

Di sisi lain, PSS Sleman tak kunjung mendapat kesempatan mencetak gol hingga menit ke-15.

Pergerakan Yevhen Bokhasvili dan Rangga Muslim di lini depan belum mampu membongkar barisan pertahanan PSM Makassar yang dikomandoi Hasim Kipuw.

Taufik Hidayat kembali menebar ancaman ke gawang kawalan Try Hamdani pada menit ke-20.

Taufik melakukan skema serangan serupa dengan peluang pertama yang didapatkannya dan tendangannya masih bisa ditepis oleh Try.

Sampai menit ke-30, tempo pertandingan belum berubah.

Juku Eja tampak lebih dominan dalam pertandingan ini, tetapi Ezra Walian Cs masih belum juga bisa mencetak gol.

Peluang lain hadir bagi PSM Makassar melalui M Rahmad pada menit ke-34.

Rahmad berusaha melepaskan umpan silang kepada Ezra Walian, tapi pressing Bagus Nirwanto menyebabkan bola tak menemui sasaran.

Dua menit berselang, Rizky Pellu menyia-nyiakan satu peluang untuk mencetak gol pembuka.

Rizky yang berdiri bebas gagal melakukan tendangan yang akurat sehingga bola melambung jauh.

Pasukan Darije Kalezic kembali gagal menciptakan gol setelah sepakan Rasyid Bakri pada menit ke-39 masih melebar.

Kedua tim tidak kunjung mencetak gol hingga dua menit jelang turun minum.

Akan tetapi, PSS Sleman yang tertekan justru berhasil mencetak gol di penghujung babak pertama.

Yevhen Bokhasvili mampu meneruskan umpan Rangga Muslim dan mencetak gol pembeda.

Skor 1-0 untuk keunggulan PSS Sleman menjadi hasil akhir babak pertama.

PSM nyaris membuka keunggulan di menit ke-36. Rizky Eka yang menusuk dari sisi kanan, melepas umpan mendatar ke Rizky Pellu. Dari jarak dengan kawalan lawan, Pellu melepas tembakan, tapi bola belum mengarah ke gawang.

Jelang babak pertama akhir, PSS mendapatkan peluang. Tendangan Arsyad Yusgiantoro masih bisa ditangkap kiper PSM, Rivki Mokodompit. Itu menjadi tembakan ke gawang pertama dari PSS.

PSS akhirnya bisa mencetak gol lebih dahulu. Tendangan Yevhen Bokhashivili pada menit ke-45 tidak bisa diantisipasi oleh Rivki. Skor 1-0 bertahan untuk PSS hingga turun minum.

PSM kembali menggempur pertahanan PSS di babak kedua. Di menit ke-66, Juku Eja mendapat hadiah penalti setelah pemain PSS menyapu bola umpan Rizky Eka, namun mengenai tangan Purwaka Yudi.

Aaron Evans maju sebagai eksekutor. Bola tembakannya berhasil menaklukkan Try Goentara.

Peluang emas didapat PSM pada menit ke-76. Bola umpan Taufik Hidayat berhasil disambar dengan sundulan Ferdinand Sinaga, namun gagal berbuah gol setelah Goentara sukses menepis bola.

PSM mendapat kesempatan untuk berbalik unggul di menit ke-81. Bola tembakan Klok lewat tendangan bebas masih berhasil ditepi Goentara.

PSS mengancam semenit berselang. Sebuah serangan balik diselesaikan lewat tendangan dari luar kotak penalti oleh Jefri Kurniawan, namun bola masih sedikit melebar dari gawang PSM.

PSM membombardir pertahanan PSS di injury time. Beberapa tembakan berhasil dilepaskan, tapi kerja keras PSM tak ada yang berbuah gol hingga laga tuntas.

Skor 1-1 ini membuat duduk di posisi kesembilan klasemen Liga 1 2019 dengan 44 poin. PSS di posisi ketujuh dengan 45 poin.

Susunan Pemain:

PSM Makassar (4-4-2): 20-Rivky Mokodompit; 15-Hasim Kipuw, 26-Taufik Hidayat, 2-Aaron Evans, 14-Asnawi Mangkualam; 19-Rizky Pellu, 17-Rasyid Bakri, 24-Rizky Eka, 10-Marc Klok; 11-Rahmad Syamsuddin, 30-Ezra Walian.

Pelatih: Darije Kalezic.

PSS Sleman (3-4-3): 34-Try Hamdani Goentara; 22-Purwoko Yudi, 44-Ikhwan Ciptady, 3-Bagus Nirwanto; 19-Ardan Aras, 15-Rangga Muslim, 6-Wahyu Sukarta, 88-Guilherme Batata; 69-Derry Rachman Noor, 23-Arsyad Yusgiantoro, 10-Yevhen Bokhashvili.

Pelatih: Seto Nurdiantoro.