PSM Makassar Bungkam Lalenok United 4-1

Selebrasi penyerang PSM Makassar Ferdinand Sinaga usai menjebol gawang Lalenok United (foto: pachemindstore/linisiar.id)

BALI, Linisiar.id – PSM Makassar berhasil mengawali babak playoff Piala AFC 2020 dengan sukses, setelah membungkam Lalenok United dengan skor 4-1, di Stadion I Wayan Dipta, Bali pada Rabu (22/1).

Tim Juku Eja mampu membuktikan kerjasama yang apik meski skuat baru saja terbentuk dan latihan berjalan 10 hari.

Wakil Liga 1 Indonesia itu sempat dikagetkan dengan gol cepat dari Daniel Adade di menit ke dua. Namun anak asuh Bojan Hodak tidak gentar. Striker andalan PSM Makassar, Ferdinand Sinaga justru membuktikan kualitasnya sebagai striker haus gol. Dilaga ini ia menyumbang tiga gol. Masing-masing di menit 12, 69 dan 72. Gol tambahan jadi milik striker anyar Juku Eja Rodriguez di menit 41.

Dalam jalannya pertandingan, Tim tamu mampu membalas di menit ke-10 melalui Ferdinand Sinaga. Ia mampu menuntaskan sepak pojok menjadi gol lewat sontekan kaki kirinya.

Pada menit ke-24, Lalenok harus bermain dengan 10 orang pemain. Hal ini terjadi setelah kiper mereka, Nathaniel Agbozo, mendapat kartu merah akibat mengganjal Ferdinand di depan kotak penalti.

Penyerang PSM Makassar Ferninand Sinaga saat berjibaku dengan pemain Lalenok United. (foto:pachemindstore)

Unggul jumlah pemain membuat PSM semakin leluasa melancarkan tekanan. PSM berbalik memimpin 2-1 pada menit ke-41 lewat pemain asing anyar mereka Giancarlo Lopes.

Skor 2-1 untuk keunggulan PSM ini bertahan hingga turun minum.

Pada babak kedua, PSM semakin menjauh 3-1 setelah Ferdinand kembali mencetak gol di menit ke-69. Ia mencatatkan namanya di papak skor lewat sundulan memanfaatkan umpan silang dari Leo Guntara.

Ferdinand Sinaga mencetak hat-trick di laga ini pada menit ke-75. Ia dengan baik mengkonversi assist Irsyad Maulana menjadi gol.

PSM berhasil mempertahankan keunggulan 4-1 mereka hingga laga berakhir. Kemenangan ini menjadi modal berharga bagi pasukan Bojan Hodak untuk menghadapi leg kedua.

Pada Leg kedua PSM bakal berganti menjadi tuan rumah. Laga tersebut bakal berlangsung di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Rabu (29/1).

Susunan Pemain:

PSM Makassar: Miswar Saputra, Leo Guntara, Hussein Eldor, Ahmad Agung, Dedy Gusmawan, Rizky Pellu, M Arfan, Wiljan Pluim, Irsyad Maulana, Ferdinand Sinaga, Giancarlo Lopes.

Pelatih: Bojan Hodak.

Lalenok United: Nathaniel Agbozo, Francisco da Costa, Gaspar da Silva, Francisco Savio, Duarte de Jesus, Helder Valente, Armindo Almeida, Fabio Christian, Elias Mesquita, Paulo Gali, Daniel Adade.

Pelatih: Jantje Matmei