Pjs Bupati Lutim dan Forkopimda Sambangi Posko Paslon Peserta Pilkada

LUTIM, Linisiar.id – Untuk mendukung suasana Pilkada Serentak Tahun 2020 tetap berlangsung aman, sehat dan damai, Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Luwu Timur (Lutim), Jayadi Nas bersama Forkopimda Lutim mengunjungi posko kedua pasangan calon (paslon) Pilkada Lutim, Senin (05/10/2020).

Kunjungan diawali di Posko Induk Muh Thorig Husler-Budiman samping Hotel Kaisar, Desa Puncak Indah, Malili.

Pada kesempatan ini, Jayadi Nas didampingi Kapolres Lutim, AKBP Indratmoko, Kajari Lutim, Muhammad Zubair, Danramil Malili, Takdir, Kadis Kominfo, Masdin, Kasatpol PP dan Damkar, Indra Fawzi, dan Kepala Kesbangpol, Guntur Hafid.

Di posko Husler-Budiman, Jayadi Nas mengajak para calon peserta Pilkada 2020 maupun tim sukses untuk menjaga suasana damai, sehingga gesekan tidak terjadi karena adanya provokasi tim yang satu ke tim lainnya.

“Perlihatkan contoh yang baik, agar provokasi bisa dihindari. Mari wujudkan pilkada yang damai dan demokratis. Hindari provokasi dan informasi hoax yang bisa menimbulkan kegaduhan,” pesan Jayadi.

Ia juga mengingatkan bahaya money politics yang diyakini dapat merusak tatanan demokrasi. Sekaligus  mengimbau agar para calon juga memasang alat peraga kampanye yang intinya mengajak masyarakat mematuhi protokol kesehatan.

Sementara Husler saat menyambut Pjs. Bupati dan Forkopimda mengatakan komitmennya untuk turut menjaga situasi yang kondusif.

Husler yang calon Bupati Lutim petahana juga telah mewanti-wanti timnya agar mengedepankan politik yang santun.

“Saya sudah ingatkan tim agar tidak merespon hal-hal yang provokatif. Bahkan kalau ada yang tidak patuh, sanksinya akan kami keluarkan dari tim. Kami tidak mau tim yang ikut memperkeruh suasana kebersamaan yang sudah terjalin harmonis di masyarakat,” tambahnya.

Usai di Posko Tim Husler Budiman, rombongan Pjs. Bupati dan Forkopimda bergeser ke rumah tim pemenangan pasangan nomor urut 2, Irwan Bahri Syam- Andi Rio Pattiwiri di Lorong Dua Trans ,Desa Puncak Indah Malili.

Mewakili pasangan calon nomor urut 2, Sukman Sadike meminta agar para ASN menjaga netralitas. Di sisi lain, ia juga berharap agar momen silaturahmi semacam ini terus dilakukan hingga di tingkat desa dan kecamatan.

Menurutnya, program pembangunan pemerintah saat ini tidak boleh dijadikan komoditas politik.

Menanggapi hal ini, Jayadi Nas mengatakan, dirinya telah mengingatkan lebih awal kepada ASN untuk bersikap netral agar pelayanan pemerintahan dan program pembangunan berjalan tanpa ada indikasi politik.

Intinya, pesta demokrasi tidak boleh mengganggu program pelayanan pemerintahan.

“Saya sudah ingatkan dari awal untuk menjaga netralitas. Jika ada ASN yang melanggar tentu ada sanski yang akan dikenakan sesuai aturan yang ada,” tegasnya.

Kepada kedua pasangan calon, Jayadi kembali mengingatkan pentingnya pelaksanaan pilkada yang aman dan damai serta komitmen para calon untuk menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Senada dengan Bupati, Kapolres Lutim, AKBP. Indratmoko juga mengatakan, meski Luwu Timur masuk dalam zona rawan Pilkada, namun dengan komitmen semua pihak, utamanya kedua pasangan calon dan tim pendukungnya, zona merah akan berubah menjadi zona hijau.

Di akhir acara silaturahmi,  pasangan Irwan Bachri Syam- Andi Rio Pattiwiri membubuhkan tanda tangan sebagai bentuk komitmen Pilkada damai, diikuti Pjs Bupati,  Kapolres, Kajari, dan Danramil. (*)