Pendaftaran CPNS 2018 Dibuka, Ini Imbauan BKPSDM Makassar

MAKASSAR, Linisiar.ID – Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 secara online melalui situs Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN) dengan alamat: sscn. bkn.go.id/ resmi dibuka hari ini, Rabu (26/9/2018).

Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDM) Kota Makassar mengimbau kepada pelamar Makassar memastikan untuk melengkapi persyaratan yang telah ditetapkan.

“Hari ini sudah bisa masuk (mendaftar), kita minta pelamar pastikan semua persyaratan melalui situs sscn,” kata Sekretaris BKPSDM Kota Makassar, Basri Rahman.

Basri sapaan akrab Basri Rahman menekankan, pelamar harus mengisi surat lamaran dan surat pernyataan tidak berperkara serta siap di tempatkan di seluruh wilayah Indonesia.

Khusus untuk surat pernyataan, pelamar diharuskan menulis tangan format yang telah disiapkan.

“Yang surat pernyataan itu, harus ditulis tangan kemudian di-scan lalu dikirim secara online,” ucap Basri.

Untuk berkas yang dibutuhkan pendaftaran online, pelamar harus menyiapkan arsip (file) dalam bentuk digital dengan format PDF, kecuali untuk pas foto:

  1. Pas Foto (wajah terlihat, pakaian formal, latar belakang merah), besar arsip digital antara 120 – 200 KB dengan format JPG atau JPEG.
  2. Kartu Keluarga
  3. Foto diri dengan memegang KTP dan Kartu Keluarga.
  4. Dokumen-dokumen lain sesuai dengan ketentuan lembaga terkait yang bisa dilihat di portal SSCN.
  5. Langkah terakhir setelah melakukan pendaftaran secara daring itu, Anda jangan lupa mencetak kartu pendaftaran di portal SSCN.

Selanjutnya, ada instansi yang membutuhkan berkas fisik sebagai syarat administrasi dikirimkan ke alamat tujuan. Berkas-berkas yang perlu disiapkan sebelum dikirimkan ke alamat instansi terkait antara lain:

  1. Pas foto (4cm x 6cm) sebanyak 4 lembar dengan latar belakang merah.
  2. Salinan KTP.
  3. Salinan ijazah pendidikan terakhir dan transkrip nilai yang telah di legalisasi. Surat Keterangan Lulus (SKL) atau Ijazah Sementara tidak akan diterima untuk mendaftar.
  4. Surat keterangan akreditasi dari BAN PT (opsional).
  5. Surat lamaran tulis tangan tinta hitam dengan materai Rp6.000. Format surat bisa diunduh di portal SSCN.
  6. Surat keterangan dokter (bagi pelamar difabel). Format surat juga bisa diunduh dari portal SSCN.

Seperti diketahui, jumlah kuota CPNS kota Makassar sebanyak 481 orang terdiri dari tenaga guru khusus 36 orang, tenaga guru kelas (PGSD) 123 orang, guru Penjaskes 53 orang, guru Agama Islam 136 orang, dan guru Bahasa Daerah 28 orang.

Selanjutnya, dokter umum 2 orang, dokter gigi 1 orang, apoteker 5 orang, ahli nutrisi gizi 4 orang, penyuluhan kesehatan masyarakat 11 orang, dan kebidanan 32 orang.

Kemudian, formasi tenaga ahli pertanian 5 orang, penyuluh penanganan masalah sosial 5 orang, teknik sipil 5 orang, sistem informasi 24 orang, teknik industri 4 orang, auditor ahli 4 orang dan administrasi negara 3 orang.