Pemkot Palopo Ikuti Forum Replikasi Inovasi Pelayanan Publik 2020

PALOPO, Linisiar.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo mengikuti Forum Replikasi Inovasi Pelayanan Publik tahun 2020 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Sulawesi Selatan secara virtual melalui aplikasi Zoom Meeting di Aula Kantor Bappeda Kota Palopo, Selasa (13/10/2020)

Rizky Amelia Ayunintias, sub koordinator analisis kebijakan pelayanan publik, dalam laporannya menyampaikan beberapa tujuan kegiatan ini.

Pertama, menyampaikan arah kebijakan replikasi inovasi pelayanan publik dalam rangka percepatan peningkatan kualitas pelayanan publik dan pencapaian tujuan untuk pembangunan berkelanjutan.

Kedua, melakukan tansfer pengetahuan dan pengalaman dari inovator ke replikator mengenai inovasi pelayanan publik yang telah dipilih untuk direplikasi.

Kemudian, menyusun rencana aksi replikasi inovasi pelayanan publik.

Asisten Deputi Bidang Perumusan Kebijakan Pelayanan Publik Kementerian PANRB, Muhammad Imanuddin, menyampaikan reformasi birokrasi yang direncanakan berdasarkan Perpres Nomor 81 tahun 2010 ini sudah memasuki tahap ketiga tahun 2020-2025 atau tahap terakhir dari grand design of reformasi birokrasi.

Lanjutnya, tahap ini adalah tahap terakhir untuk kita bisa melihat apakah reformasi birokrasi berhasil atau tidak mencapai menuju pelayanan publik kelas dunia.

“Kita harus melakukan percepatan. Dimana percepatan ini tentu kita harus melakukan semacam rekayasa pemerintahan, harus ada intervensi kebijakan. Salah satunya adalah melakukan pembinaan inovasi pelayanan public,” katanya

Imanuddin juga berharap inovasi ini dapat berkelanjutan, dan menjadi budaya kerja dalam organisasi di pemerintah daerah di provinsi dan kabupaten/kota di Sulawesi Selatan.

Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan Dr. Abdul Hayat M.Si mengatakan, pemerintah provinsi sangat mengapresiasi bimbingan yang diterima selama ini.

“Kita ingin mengedepankan pelayanan publik yang kuat, sehingga kita juga mengatakan tetap melayani masyarakat bukan kita yang dilayani masyarakat,” tambahnya.

Kegiatan ini diikuti pimpinan perangkat daerah Kota Palopo, kepala puskesmas, dan undangan lainnya. (*)