Pemda Luwu Serahkan Ranperda APBD Perubahan 2020 ke DPRD

LUWU, Linisiar.id  – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Luwu menggelar dua agenda rapat paripurna di ruang rapat paripurna kantor DPRD Luwu, Kelurahan Senga, Kecamatan Belopa, Jum’at (25/9/2020).

Rapat paripurna pertama pukul 10.00 Wita dengan agenda Penandatanganan Nota Kesepakatan Rancangan Kebijakan Umum Perubahan Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara Perubahan APBD Kabupaten Luwu Tahun Anggaran 2020.

Hadir Sekda Luwu, Ridwan Tumba Lolo mewakili Bupati Luwu H. Basmin Mattayang yang pada waktu bersamaan mengikuti ujian secara virtual untuk meraih gelar doktor.

Rapat paripurna kedua berlangsung pukul 13.30 Wita dengan agenda penyampaian Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Perubahan APBD Kabupaten Luwu Tahun Anggaran 2020, dihadiri langsung oleh Bupati Luwu, H Basmin Mattayang.

Dalam sambutannya, bupati menyampaikan, struktur APBD pemerintah kabupaten/kota pada tahun 2020 mengalami sedikit perbedaan dibanding tahun-tahun sebelumnya.

“Perubahan dan perbedaan itu terjadi karena adanya kebijakan pemerintah pusat yang memfokuskan penggunaan anggaran baik APBN maupun APBD untuk pencegahan, penanganan, dan pemulihan di segala sektor akibat pandemi Covid-19,” katanya.

“Kebijakan refocusing anggaran ini menyebabkan target pendapatan maupun alokasi belanja daerah secara umum mengalami penurunan pada perubahan APBD Tahun Anggaran 2020,” jelasnya.

Pendapatan Daerah Luwu pada Rancangan Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun 2020 dianggarkan Rp 1,4 triliun lebih atau mengalami penurunan Rp 63,3 miliar lebih dibandingkan APBD pokok Rp 1,5 triliun lebih.

Pendapatan daerah itu dari tiga sumber, yaitu pendapatan asli daerah (PAD), dana perimbangan, dan lain-lain pendapatan daerah yang sah.

PAD direncanakan Rp 112,6 miliar lebih, mengalami penurunan sebesar Rp 2,8 miliar lebih atau 2,4 persen dari APBD pokok 2020 sebesar Rp 115,4 miliar lebih. (*)