Optimalkan Layanan Publik, Pemprov Sulsel Luncurkan Aplikasi Aduan Berbasis Internet

MAKASSAR, Linisiar.ID – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan luncurkan sebuah aplikasi berbasis internet, yang bertujuan meningkatkan kinerja pemerintahan pada pelayanan publik.

Aplikasi bertajuk ‘Baruga Pelayanan Masyarakat Sulsel’ tersebut diluncurkan Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah, di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Gubernur Sulsel, Kamis (18/10/2018).

Kepala Dinas Komunikasi Informasi Statistik dan Persandian (Kominfo SP) Sulsel, Andi Hasdullah, menjelaskan, Baruga sudah bisa diunduh di “play store” android.

Aplikasi ini dilengkapi website dan masyarakat diberi ruang untuk menyampaikan aspirasi atau aduannya atas kualitas pelayanan publik melalui media sosial, seperti Facebook, Instagram, Twitter, email dan sms.

“Aplikasi ini ada untuk memberi ruang bagi masyarakat, kemudahan, kecepatan, dan kepastian dalam menyalurkan aspirasi,” katanya.

Selanjutnya, aplikasi Baruga diintegrasikan ke aplikasi ‘Lapor SP4M’ yang berlaku nasional. Sehingga aduan publik yang masuk akan ditindaklanjuti penyelesaiannya dengan cara terdisposisi berdasar kewenangan kabupaten, kota, provinsi dan kementerian terkait.

“Gubernur pun dapat melihat dan merekam kondisi masyarakat Sulsel melalui aspirasi yang masuk ke aplikasi ini. Sehingga bisa menjadi rujukan pemprov dalam merumuskan kebijakan strategis ke depannya,” jelasnya.

Sementara itu, Gubernur Nurdin Abdullah mengatakan, ia mengapresiasi kehadiran perangkat aplikasi Baruga ini.

Menurutnya, inovasi ini merupakan langkah maju dalam program 100 hari pemerintahan yang dipimpinnya.

“Saya instruksikan seluruh organisasi perangkat daerah merespon secara cepat berbagai keluhan dan aduan masyarakat yang nanti masuk ke dalam aplikasi Baruga ini,” katanya.