Jumat, Oktober 22, 2021

Mahasiswa Kimia UIN Alauddin Gelar Alkali Contest

Populer

MAKASSAR, Linisiar.id – Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Kimia Fakultas Sains dan Teknologi (FST),  Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar mengadakan kegiatan Alkali Contest pada tanggal 16-30 September 2021, sedangkan pelaksanaan technical meeting di lakukan via zoom pada tanggal 15 September 2021.

Tema dari kegiatan ini yaitu “Optimalisasi Peran Generasi Z dalam Mengimplementasikan Ilmu Sains dan Teknologi pada Society Era 5.0 “.

Kegiatan Alkali Contest ini diadakan setiap tahunnya oleh HMJ Kimia. Kegiatan ini merupakan suatu ajang lomba kreatifitas ilmiah 2021 yang melibatkan siswa SMA/SMK/Ma se-Sulselbar serta mahasiswa tingkat nasional.

Tema kegiatan ini menyangkut peran generasi Z yang lahir mulai tahun 1998-2010 yang memiliki ide dan kreatifitas serta memiliki sifat yang mudah bersosialisasi tinggi serta berani menyampaikan pendapatnya di depan publik dan melalui media sosial.

Generasi ini lebih percaya User Generated Content (UGC) atau perkembangan teknologi ketimbang membaca secara konvensional, mengikuti perkembangan teknologi, cenderung tidak loyal tetapi bekerja secara efektif sehingga memunculkan sebuah tantangan dalam menghadapi era baru di kehidupannya yakni Society Era 5.0.

Society Era 5.0 termasuk komplemen Revolusi Industri 4.0 perlu diarahkan pada peran generasi Z untuk kemajuan bangsa di masa yang akan datang.

Kegiatan ini memperlombakan lima perlombaan yaitu Karya Tulis Ilmiah (LKTI), Infografis, Video Competition, Mading Ilmiah, dan yang terakhir Chemistry Experiment Challenge (CEC).

Dalam webinar tersebut menghadirkan pembicara nasional Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan, Ismail Bachtiar, serta Dosen Teknik Material dan Metalurgi Institut Teknologi Kalimantan & PhD candidate kejo University Japan, Yunita Triana, dan  Dosen Jurusan Kimia Bidang Kimia Anorganik, Titik Andriani, sebagai moderator.

Ketua HMJ Kimia, Taufiq Ibrahim menjelaskan bahwa ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahunnya, dan kali ini merupakan tahun ke-7 dalam kegiatan Alkali Contest.

“Pelaksanaan tahun ini sama seperti sebelumnya. Event ini mengundang siswa-siswi terbaik se-Sulselbar dan mahasiswa-mahasiswi aktif perguruan tinggi se-Indonesia.  Berhubung masih dimasa pandemi, Alkali Contest tahun ini dilakukan secara online dan mematuhi protokol kesehatan,” jelasnya.

Lanjut, Taufiq Ibrahim menambahkan kegiatan yang berlangsung selama 14 hari selanjutnya mengadakan enam cabang lomba yang akan diperlombakan, dan dimulai 16 – 30 September 2021.

“Ada enam cabang yang akan dilombakan di kegiatan ini, diantaranya infografis, Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI), Lomba cepat tepat kimia (LCTK), mading ilmiah, Chemical Experiment Challenge (CEC), dan video competition,” tambah Taufiq. Ia juga berharap agar semua bisa berpartisipasi pada kegiatan yang diselenggarakan oleh HMJ Kimia kali ini.

“Diharapkan semua dapat berpartisipasi pada event ini dengan menghadiri perlombaan Alkali Contest hingga pada penghujung acara,” tutupnya.

- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

IKLANspot_img

Berita Terbaru