Selasa, April 13, 2021

Kepala P3E Suma Apresiasi Keseriusan Pemkab Polewali Mandar Benahi Lingkungan

Populer

MAKASSAR, Linisiar.id – Kepala Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Sulawesi Maluku Dr. Ir. Darhamsyah, M.Si beserta jajaran menerima kunjungan tim Kelompok Kerja Kabupaten Polewali Mandar di Kantor Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Sulawesi dan Maluku (P3E Suma), Jalan Perintis Kemerdekaan No. km 17, Kota Makassar.

Kepala P3E Suma, Darhamsyah didampingi oleh Kepala Bidang Evaluasi dan Tindak Lanjut Pengelolaan SDA dan Lingkungan Hidup Mery Hadriyani Chairuddin, S.E.,M.Si beserta jajarannya, Senin (01/03/2021).

Kunjungan kerja Tim Pokja 2021 Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar dalam rangka penguatan kapasitas  dipimpin oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Polewali Mandar (Polman), Sukirman, S.H., M.M dan didampingi oleh Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Polman, Hikmah, ST.,M.Si.

Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Polman, Sukirman, mengaku kedatangannya beserta jajarannya ke P3E Suma  karena ingin mendapatkan bimbingan dan petunjuk khusus dari Kepala P3E Suma beserta jajarannya.

Ia menyebutkan, kedepannya ada beberapa program bidang lingkungan hidup yang akan dilanjutkan pelaksanaannnya oleh DLHK Kabupaten Polewali Mandar seperti Jakstrada untuk penghargaan Adipura, dan berbagai penghargaan lainnya seperti Kalpataru, Proklim, dan Niswasitatantra.

“Sebenarnya teorinya sudah kita dapatkan dari regulasi buku-buku yang ada, tetapi tetap kita harapkan ada bimbingan dan petunjuk khusus dari Kapus dan teman-teman P3E lainnya,” ungkap Sukirman.

Dirinya juga berharap kedepannya dengan bimbingan dan petunjuk ini Tim Pokja DLHK Kabupaten Polewali Mandar bisa bekerja dengan baik.

Lebih lanjut Asisten II Polewali Mandar mengucapkan terima kasih dan bersyukur karena mereka mendapatkan hasil sesuai dengan apa yang diharapkan.

Kepala P3E Suma Darhamsyah memberikan apresiasi yang tinggi pada keseriusan Pemerintah Daerah Polewali Mandar untuk membenahi lingkungannya.

“Kami memberikan apresiasi yang tinggi kepada Pemda Polman karena sifatnya menjemput bola. Menjemput  informasi dengan protokol kesehatan,” katanya.

“Hal ini menunjukkan keseriusan daerah untuk terus maju membenahi lingkungannya dari semua aspek. Dari sekolah, sisi masyarakat dan juga dari penataan kotanya,” ungkapnya.

Darhamsyah yang juga motivator menambahkan bahwa ini merupakan inisiatif yang bagus untuk mendapatkan informasi dan kita saling bertukar pikiran untuk pengelolaan lingkungan yang lebih baik.

Ia meminta agar instansi terkait, khususnya DLHK Polman untuk menunjukkan ciri khas daerah di berbagai media sosial dan meneruskan inovasi-inovasi yang sudah dilakukan selama ini.

Kabupaten Polewali Mandar berhasil meraih Piala Adipura tahun 2019 dan penghargaan sertifikat Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan selama dua tahun berturut-turut pada tahun 2016 dan 2017.

Selain arahan dan bimbingan dari Kapus P3E Suma, dalam kesempatan itu ada beberapa materi yang disampaikan berupa materi umum tentang lingkungan dibawakan oleh Mery Hadriyani Chairuddin, S.E., M.Si selaku Kabid Evaluasi dan Tindak Lanjut Pengelolaan SDA dan Lingkungan Hidup.

Materi Kebijakan Strategis Daerah (JAKSTRADA) dalam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sejenis Sampah Rumah Tangga dan Program Adipura dipaparkan oleh Kasubid Evaluasi Ir. Sutirta Rumansyah, M.Si.

Materi Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup (DIKPLHD) untuk penghargaan Nirwasitatantra dibawakan oleh Kasubid Uji Kualitas Faizal Muis, S.Si.

Materi Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (GPBLHS) dibawakan oleh Kasubid Tindak Lanjut Bidang Evaluasi dan Tindak Lanjut Pengelolaan SDA dan Lingkungan Hidup, Rina Triany Muchsin, S.E.,MAP

Dalam pertemuan tersebut menerapkan protokol kesehatan yang ketat. (*)

- Advertisement -

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

IKLAN

Berita Terbaru