Kabupaten Luwu Raih 4 Penghargaan STBM Award 2020, Ketua Forum KKS Terharu

LUWU, Linisiar.id – Berkat dukungan Pemerintah Kabupaten Luwu, kerjasama lintas sektoral, dan seluruh elemen masyarakat, Forum Kabupaten/Kota Sehat (KKS) Kabupaten Luwu yang diketuai oleh Hj Hayarna Basmin berhasil mengantarkan Kabupaten Luwu mendapatkan penghargaan pada empat kategori dalam ajang Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Award 2020.

Penganugerahan penghargaan STBM Award tahun 2020 dirangkaikan Rakornas STBM Ke-4 dalam rangka peringatan Hari Kesehatan Nasional tahun 2020 yang dilaksanakan secara virtual melalui aplikasi Zoom Webinar, Jumat (13/11/2020).

Hadir di aula rumah Jabatan Bupati Luwu mengikuti kegiatan ini Sekda Luwu, Ridwan Tumba Lolo, Kadis Kesehatan, dr Makhdur Mahmud beserta jajarannya, Kepala Desa Senga Selatan, Andi Muhammad Arfan Basmin, dan para pengurus forum KKS Kabupaten Luwu.

Menurut Menteri Kesehatan RI, Letjen TNI (Purn) Dr. dr. Terawan Agus Putranto, pelaksanaan STBM Award ini sebagai implementasi dari Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2014 Tentang Sanitasi Total Berbasis Masyarakat.

“Penganugerahan STBM Award ini sebagai bentuk apresiasi pemerintah pusat kepada Kabupaten/Kota, Pemerintah Desa, Sanitarian, dan Natural Leader yang telah membantu mengiplementasikan program nasional “Indonesia Bersih, Indonesia Sehat”.

Dalam acara penganugerahan penghargaan STBM Award 2020, Kabupaten Luwu menerima penghargaan pada 4 kategori.

Pertama, penghargaan kepada Kabupaten Luwu sebagai Kabupaten Percepatan Stop BABS atau ODF 100 persen

Kedua, pPenghargaan kepada Kepala Desa Senga Selatan, Andi Muhammad Arfan Basmin, dalam upaya mengubah perilaku masyarakat yang higienis dan saniter melalui pendekatan STBM.

Ketiga, penghargaan kepada Muhani sebagai Sanitarian atau petugas kesehatan lingkungan dari Puskesmas Larompong Selatan.

Keempat, penghargaan kepada Tandi Tuyanti sebagai Natural Leader STBM dari Desa Buntu Babang.  

Ketua Forum KKS Kabupaten Luwu, Hj Hayarna Basmin mengungkapkan rasa haru atas penghargaan yang diterima Kabupaten Luwu dari Kementerian Kesehatan RI.

“Alhamdulillah kerja keras kita selama ini dan berkat dukungan dari pemerintah Kabupaten Luwu melalui instansi terkait yang tidak dapat saya sebutkan satu-satu,” kata Hj Hayarna Basmin.

“Kerjasama lintas sektoral serta partisipasi masyarakat sehingga pada hari ini Kabupaten Luwu memperoleh 4 penghargaan,” jelasnya.

Namun, Hj Hayarna Basmin mengingatkan agar tetap fokus dan bersemangat pada program utama, yaitu mewujudkan Luwu sebagai salah satu Kabupaten Sehat di Indonesia dengan pencapaian Swasti Sabha Wistara sebagai penghargaan tertinggi dalam penilaian kabupaten sehat. (*)