Jangan Khawatir, Puskesmas Panaikang Sinjai Sudah Steril dan tetap Melayani

ilustrasi

SINJAI, LINISIAR.ID – Langkah pencegahan penyebaran virus Corona (Covid-19) terus dilakukan tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Pemkab Sinjai.

Itu pasca diumumkannya 4 petugas medis Puskesmas Panaikang, Kecamatan Sinjai Timur, Kabupaten Sinjai, terkonfirmasi positif virus Corona.

Salah satunya dengan mengistrahatkan atau mengisolasi secara mandiri seluruh petugas medis yang bertugas di Puskesmas  yang beralamat di Jalan Poros Sinjai-Kajang (Bulukumba). Jumlahnya 87 orang.

Menurut Pelaksana tugas (Plt) Kadis Kesehatan Sinjai, drg Farina Irfani, menjelaskan, dari 87 orang yang telah di Rapid test Corona, sebagian diantaranya negatif atau tidak reaktif.

“Dari 87 sudah ada sebagian yang sudah selesai dan itu kita terus lakukan Rapid test nya sampai selesai semuanya”, kata drg Arin, sapaan Farina Irfani, Senin (22/6/2020).

Agar pelayanan tidak terhenti, drg Arin mengemukakan jika Puskesmas Panaikang tetap beroperasi. Hanya saja petugas medis yang bertugas di Puskesmas tersebut adalah petugas Puskesmas dari Samataring.

“Tetap kita buka Puskesmas Panaikang, tapi petugas yang kita tugaskan bukan dari 87 ini, akan tetapi dari Puskesmas Samataring, sedangkan petugas Laboratorium dari Puskesmas Balangnipa”, tambahnya.

Disebutkan bahwa sebelum peralihan petugas medis itu, seluruh saran dan prasarana Puskesmas Panaikang telah Disterilkan dengan melakukan penyemprotan disinfektan di semua sudut.

Sebelumnya, sebanyak 4 petugas medis Puskesmas Panaikang dinyatakan positif Corona beberapa waktu lalu.

Mereka merupakan kontak dari SA, pasien sembuh yang juga merupakan salah satu petugas di Puskesmas Panaikang. Kini mereka telah dirujuk ke Hotel Harper, Kota Makassar untuk menjalani perawatan bersama 11 pasien positif corona asal Sinjai lainnya. Sedang sisanya 2 pasien di rawat di RSUD Sinjai.(*)