Jumat, September 17, 2021

Jadi Pemateri Pelatihan Bawaslu, Kabid Pengelolaan Opini Diskominfo Palopo Paparkan Pentingnya Peran Humas

Populer

Palopo, Linisiar.id – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Palopo melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) mengadakan pelatihan kehumasan dan jurnalistik guna mempersiapkan sumber daya yang profesional untuk memperkuat fungsi kehumasan, Jumat (3/9/2021).

Kegiatan pelatihan SDM kehumasan berlangsung di kantor Bawaslu Kota Palopo, Jalan KH M As’ad, Kecamatan Wara dengan menghadirkan beberapa pemateri.

Antara lain Koordinator Divisi Humas Bawaslu Provinsi Sulsel, jurnalis senior, Ketua PWI Luwu Raya dan Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Opini dan Aspirasi Publik Diskominfo Palopo, Junita Anjar Lestari S.S.

Ketua Bawaslu Kota Palopo Dr. Asbudi Dwi Saputra, SH., M.kn menyambut peserta tamu undangan dan yang juga memfasilitasi kegiatan ini dalam sambutannya mengatakan, fungsi pokok kehumasan saat ini untuk memberikan klarifikasi / konfirmasi berita yang sesuai fakta, sehingga berita yang sampai ke publik lebih aktual dan berimbang.

“Bawaslu melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) mengadakan pelatihan Kehumasan dan Jurnalistik, guna mempersiapkan sumber daya yang profesional untuk memperkuat fungsi kehumasan,” ujar Asbudi, sapaannya.

Sementara pada kesempatan itu, Kepala Bidang Pengelolaan Opini dan Aspirasi Publik Dinas Kominfo Kota Palopo, Junita Anjar Lestari, S.S dalam pemaparan materi yang disampaikan mengatakan, Humas atau PR berfungsi mengeluarkan informasi yang bersih dan positif demi untuk branding organisasi/instansi sehingga masyarakat mendapat informasi yang aktual, faktual, dan terpercaya melalui gambar maupun berita dalam membangun sudut pandang publik.

“Fungsi humas sebagai penyambung institusi dengan media, di dalamnya harus dilengkapi cara komunikasi yang baik serta penulisan berita dan attitude yang baik pula,” katanya.

Anjar, begitu kerap Kabid Pengelolaan Opini dan Aspirasi Publik Diskominfo Palopo ini dipanggil menambahkan, dalam sebuah berita, foto/gambar menjadi hal begitu penting untuk membangun sudut pandang pembaca.

“Dalam proyek infrastruktur yang dinanti publik dalam berita adalah pencapaian progres, informasi akan maksimal jika tampilan foto/gambar yang melengkapi begitu menarik perhatian publik,” tambahnya.

“Fungsi humas begitu penting sebagai penyeimbang media, didalamnya harus mempunyai kemampuan komunikasi yang baik, penulisan berita dan attitude yang baik, individu ataupun pelaku yang tergabung¬†dalam humas itu sendiri,” tandasnya. (*)

- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

IKLANspot_img

Berita Terbaru