Gubernur Sulsel Berduka Atas Musibah Gempa dan Tsunami di Sulteng

ilustrasi (BMKG)

MAKASSAR, Linisiar.ID – Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah sampaikan luka mendalam atas musibah gempa bumi dan tsunami yang terjadi di Palu, Donggala dan sejumlah wilayah lainnya di Sulawesi Tengah (Sulteng) pada Jumat 28 September 2018 lalu.

“Kami sampaikan duka mendalam atas musibah gempa di Palu. Kami sudah gerak cepat memberangkatkan dua mobil dapur umum, rescue dua unit, tagana 30 orang, yang terdiri dari dapur umum dan psisikososial, kita juga berangkatkan selimut, terpal dan matras,” ungkap Nurdin saat dihubungi melalui telepon selulernya, Sabtu (29/9/2018).

Nurdin juga mengaku sudah menjalin kerjasama antar kampus untuk membentuk relawan tanggap bencana.

“Terus kita juga mau mengumpulkan semua beberapa mahasiswa untuk membawa peralatan yang diperlukan. AU TNI juga telah berangkat menggunakan helikopter dalam rangka membantu menormalisasi bandara Mutiara Kota Palu,” jelasnya.

Lebih lanjut Alumni Unhas mengaku, sudah memerintahkan Dinas Sosial Provinsi Sulsel agar memberikan bantuan secepatnya untuk masyarakat Kota Palu dan sekitarnya.

“Saya perintahkan, Kadis Sosial dan Kadis Kesehatan bersama Basarnas untuk berkoordinasi, ini kita semua terkumpul, saya sudah terkoordinasi dengan stakeholder,” ungkapnya.

 

Simak video detik-detik terjadinya gempa dan tsunami Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah, berikut ini: