Kamis, Februari 25, 2021

DPW Matra Sulsel Beri Santunan ke Pelestari Budaya ‘Bissu Matang’ Kabupaten Pangkep

Populer

PANGKEP, Linisiar.id – Salah satu Bissu yang berdomisili di Kabupaten Pangkep, Provinsi Sulawesi Selatan, terbaring sakit di rumah panggung kayu yang tergolong rumah tua.

Wa’ Matang (86) adalah salah satu Bissu dari enam Bissu yang ada di Kecamatan Segeri, Kabupaten Pangkep.

Wa’ Matang adalah Bissu generasi penerus dari komunitas pelestari adat budaya dan tradisi ke Bissu-an di Sulawesi Selatan.

Jika sebelumnya ada sekitar 40-an Bissu di Segeri, kini hannya tersisa enam orang saja. Dimana mereka diangkat dan bertugas menjalankan dan merawat tradisi leluhur Bissu.

Dari enam Bissu, Wa’ Matang lah salah satu yang diberi amanah menjalankan dan merawat tradisi ke Bissu-an sesuai ajaran dan nilai nilai tradisi budya leluhur mereka.

Bissu Matang, yang menempati rumah panggung berbahan kayu, kini kondisinya memprihatinkan. Hanya beralas kasur, bantal dan selimut. Wa’ Mattang terbaring sakit di lantai papan rumahnya.

Berdasarkan hasil kunjungan pemerhati adat dan budaya Masyarakat Adat Nusantara (DPW MATRA) Sulawesi Selatan ke rumah Bissu Wa’ Matang
Rabu, (30/12/2020), kemarin, diketahui jika pelestari budaya ini mengalami gagal ginjal.

“Kami membesuk beliau Wa’ Matang yang saat ini terbaring sakit, sekalian menyerahkan uang dari hasil donasi pengurus DPW Matra Sulawesi Selatan”. Ujar Vilda Yanty Lalawi, Bendahara DPW Matra SulSel.

Vilda Yanty menambahkan jika pihak pemerintah Kabupaten Pangkep telah turun memberikan bantuan dan menawarkan untuk pengobatan di rumah sakit dengan semua biaya pengobatan ditanggung Pemda.

Sementara itu Ketua Umum DPW Matra Sulawesi Selatan, Andi Bau Erwing Gamatta mengucapkan terima kasih kepada para pengurus Matra SulSel, yang telah berdonasi dan meluangkan waktu membesuk Bissu Matang.

- Advertisement -

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

IKLAN

Berita Terbaru