DPPKB Palopo Raih Nilai Tertinggi Kepesertaan KB di Sulsel, FKJ Ungkap Rahasia Sukses

Farid Kasim Judas

PALOPO, Linisiar.id – Pemerintah Kota Palopo melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Palopo menggelar optimalisasi pelaksanaan Program Dasawisma Kota Palopo

Walikota Palopo HM Judas Amir, MH didampingi Tim Penggerak PKK, Utiasari Judas, Plt Kadis DPPKB Palopo Farid Kasim Judas, dan Asisten 2 Pemkot, Taufiq, M.Kes menyerahkan secara simbolis buku rekening biaya operasional Kelompok Dasawisma, Rabu (4/11/2020). 

Kegiatan ini berlangsung di Indoor Saokotae dengan tema “optimalisasi peran dan fungsi Kelompok Dasawisma untuk peningkatan kesehatan dan kesejahteraan keluarga.”

Plt Kepala DPPKB Palopo, Farid Kasim Judas,S.H.,M.Si sebelum menyampaikan laporannya, terlebih dahulu menyemangati para kader dasawisma dengan yel yel “Sehat Sehat Sejahtera”

Kader Dasawisma yang hadir sebanyak 193 orang yang mewakili 3 kecamatan, yaitu Kecamatan Wara, Kecamatan Mungkajang, dan Kecamatan Wara Barat.

Kegiatan yang sama akan dilakukan secara berkala terhitung mulai hari ini Rabu, Kamis, dan Jumat.

“Kegiatan dibagi, karena kita harus menjaga protokol kesehatan sehingga menjaga kepadatan yang hadir,” katanya.  

FKJ, sapaan akrab Farid Kasim Judas, juga menyampaikan, Kota Palopo untuk pertama kalinya meraih nilai tertinggi se-Sulsel pada evaluasi capaian kepesertaan Keluarga Berencana (KB).

FKJ mengatakan, di semua penggunaan metode capaian KB, DPPKB Palopo meraih peringkat tertinggi.

“Kenapa kita bisa mendapatkan juara 1 tingkat Provinsi Sulsel, karena tim kita bekerja dengan solid dan saling bekerjasama dan tidak lepas dari peran ibu-ibu Dasawisma,” jelasnya.

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Palopo dr. H. Utiasari Judas,M.Kes menyampaikan, dasawisma merupakan kelompok yang terdiri 10-20 kepala keluarga dalam satu RT dan memiliki satu ketua.

Walikota Palopo Judas Amir mengatakan, akan menaikkan biaya operasional Kelompok Dasawisma dari Rp 80.000 menjadi Rp 100.000 per bulan.

Dengan harapan, semua kader Dasawisma bisa berperan aktid di wilayah masing-masing. Sebab, kader Dasawisma adalah mata dan telinganya lurah sekaligus walikota.

Walikota juga memberikan apresiasi kepada DPPKB Palopo bersama seluruh jajarannya, atas partisipasinya secara kolaboratif sehingga mengharumkan nama Kota Palopo dengan capaian teratas tingkat Sulsel tahun ini.

“Kalian luar biasa, kalian telah membuktikan kerja keras selama ini meskipun dalam kondisi pandemi, kalian tetap melayani dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” kata walikota dua periode itu. (*)