Dispopar Enrekang Buka Pemilihan Duta Wisata, Begini Cara Daftarnya

103
Pamflet Pemilihan Duta Wisata Enrekang/ist

ENREKANG, Linisiar.id, – Dinas Kepemudaaan, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Enrekang bekerjasama dengan DPC Adwindo Kabupaten Enrekang membuka pendaftaran Pemilihan Duta Wisata Tingkat Kabupaten Enrekang Tahun 2021.

Pendaftaran dilakukan secara online mulai tanggal 11 Januari 2021 hingga 12 Februari 2021.

Pendaftaran Pemilihan Duta Wisata tingkat Kabupaten Enrekang tahun 2021 dibagi dalam dua kategori, yaitu perwakilan tiap-tiap kecamatan dan peserta umum.

“Untuk kecamatan diwakili satu putra dan satu putri. Sementara, untuk kategori umum tidak dibatasi dengan ketentuan tetap mengikuti persyaratan yang berlaku,” kata Ketua DPC Adwindo Kabupaten Enrekang, Eka Taufika sebagaimana rilis yang diterima Linisiar.id, Selasa, (12/1/2021).

Eka Taufika menyebutkan, pendaftaran dilakukan dengan cara memfollow IG (Instagram) Duta Wisata Enrekang dan Link pendaftaran tertera di Bio IG Duta Wisata Enrekang.

“Setelah melakukan pendaftaran secara online, para calon peserta selanjutnya menyetor berkas ke Sekretariat DPC Adwindo Enrekang di gedung TIC Villa Bambapuang, atau ke kantor Dispopar Enrekang,” lanjut Eka Taufika.

Pada proses penyeleksian, setiap peserta akan mengikuti beberapa tahapan sebelum dikarantina dan acara puncak grand final nanti. Untuk peserta umum terlebih dahulu akan melewati seleksi wawancara.

Sementara, peserta yang merupakan perwakilan dari tiap-tiap kecamatan akan langsung dikarantina. Peserta utusan tiap-tiap kecamatan akan langsung dikarantina karena mereka sudah disaring di tingkat kecamatannya, sehingga tidak perlu mengikuti seleksi wawancara.

Eka Taufika pun memastikan jika tahap seleksi mulai dari tes wawancara, karantina hingga malam grand final akan berlangsung ketat dan tidak ada nepotisme.

“Mereka akan diuji oleh juri-juri yang sangat berpengalaman di bidangnya. Jadi, jangan harap ada kesan nepotisme atau pilih kasih,” kata Eka Taufika.

Rencananya, proses pemilihan yang akan berlangsung selama lima hari itu, akan dihadiri langsung Miss Indonesia Persahabatan Tahun 2019, DPC Adwindo Sulsel dan Duta Wisata Sulsel.

Belum ada jadwal pasti kapan malam grand final dilaksanakan.

“Kita akan menyesuaikan agenda Pemkab Enrekang. Apakah bertepatan pada HUT Enrekang atau pada kegiatan Enrekang Expo,” ungkap Eka Taufika.

Sementara, Kepala Bidang Pemasaran, Andi Zulkarnaen mengatakan, pemilihan ini untuk mencari Duta Wisata yang akan mewakili Kabupaten Enrekang pada pemilihan Duta Wisata tingkat Sulawesi Selatan.

“Selain itu, yang terpilih akan menjadi anggota duta wisata Kabupaten Enrekang yang akan mempromosikan Wisata Enrekang di tingkat regional maupun internasional,” jelas Andi Uncung.(*)